Menguak 2 Senjata Pembunuh Jarak Jauh Kopassus TNI dari Amerika

VIVA Militer: Kopassus
Sumber :
  • Penkopassus

VIVA – Sebagai salah satu pasukan khusus yang paling ditakuti di dunia, tentunya Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI memiliki berbagai senjata andalan untuk membunuh musuh.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Namun, sebagai pasukan elit yang selalu dikerahkan ke operasi-operasi rahasia, sudah barang tentu jenis-jenis senjata yang dimiliki pasukan korps baret merah ini juga sangat rahasia.

Kamis 24 September 2020, VIVA Militer akan menguak beberapa jenis senjata api pembunuh jarak jauh yang dimiliki Kopassus. Hanya saja, di edisi I ini, hanya dua jenis senjata saja yang akan diulas, yaitu yang buatan Amerika Serikat saja.

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Yang pertama, Kopassus ternyata memiliki senjata penembak jitu alias sniper jenis Sniper Weapon System atau SWS M24. Senjata ini buatan pabrikan senjata Remington Arms, Amerika Serikat.

Sejak awal diproduksi pada tahun 1988, senjata ini sudah dipakai dalam beberapa peperangan besar di dunia. Pemakai awalnya tentu saja penembak-penembak jitu Amerika. SWS M24 tercatat pernah dipakai dalam Perang Irak, Perang Teluk I hingga Perang Afghanistan.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

VIVA Militer: SWS M24

Tidak diketahui sudah berapa banyak nyawa melayang di 3 medan perang besar itu. Di dunia saat ini terdapat sebanyak 15.000 SWS M24 dengan beberapa varian M24A2, M24A3, dan M24E1.

Dengan SWS M24, seorang penembak jitu Kopassus bisa menembak mati dalam jarak efektif hingga 1,5 kilometer dengan menggunakan peluru 338 Lapua Magnum.

Yang kedua, Kopassus memiliki senjata jenis Barrett M82 alias Light Fifty. Senjata ini hasil rancangan Ronnie Barrett dan diproduksi massal pabrikan senjata Amerika, Barrett Firearms Manufacturing, mulai tahun 1982.

Barrett M82 adalah senapan anti materiel recoil-operated, semi otomatis yang memakai peluru dengan kaliber 50 bmg. Ada lima varian M82 yang dibuat, Kopassus memakai varian M82A1.

VIVA Militer: Barrett M82

Barrett M82 juga memiliki riwayat yang penggunaan yang tak perlu diragukan lagi, karena dipakai pasukan khusus Amerika dalam Perang Irak, Perang Teluk, Perang Afghanistan dan Konflik di Irlandia Utara.

Dengan panjang laras 73,7 sentimeter, seorang penembak jitu Kopassus dapat membunuh musuh dalam jarak tembak 1,8 kilometer. Hmm mengerikan ya.

Di Asia Tenggara cuma empat negara yang memiliki senjata ini, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia dan Thailand. Harga perunitnya cukup mahal, pada 2007 saja dibanderol seharga 9.800 Dollar Amerika Serikat.

Baca: Pasukan Marinir TNI Tembak Jatuh 2 Pesawat Tempur Musuh di Kupang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya