TNI Temukan BBM Pertamina di Semak-semak Perbatasan Timor Leste

VIVA Militer: TNI temukan BBM Pertamina.
Sumber :
  • Yonarmed 3/105 Tarik

VIVA – Prajurit Tentara Nasional Indonesia dari Batalyon Artileri Medan 3/105 Tarik, baru saja menemukan Bahan Bakar Minyak (BBM) PT Pertamina di semak-semak perbatasan NKRI dengan Timor Leste.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Berdasarkan siaran resminya didapatkan VIVA Militer dari Yonarmed 3/105 Tarik, Senin 28 September 2020, BBM itu ditemukan secara tak sengaja saat prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas), melakukan patroli di tapal batas kedua negara.

Menurut Komandan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irawan Halim, BBM Pertamina itu ditemukan tersembunyi di rerumputan di sekitar aliran sungai di wilayah Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

"BBM yang kami temukan ini diduga akan diselundupkan ke Negara Timor Leste oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," kata Letkol Arm Laode.

Memang, perbatasan RI Timor Leste menjadi salah satu wilayah paling rawan penyelundupan. Terutama BBM. Para pelaku menyelundupkan BBM melalui jalur tikus ke negara tetangga untuk di jual lagi. Sebab diketahui harga BBM di negara yang baru merdeka itu sangat mahal.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

"Kemungkinan karena mahalnya harga BBM di negara tetangga sehingga oknum tersebut ingin mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan tempat-tempat di perbatasan yang digunakan sebagai jalan penyelundupan secara ilegal," kata dia.

BBM ditemukan telah dikemas rapi di dalam jeriken-jeriken. Total ada 75 liter BBM Pertamina yang ditemukan. Sayangnya, saat ditemukan BBM itu tak bertuan, pemiliknya diduga telah melarikan diri sebelum petugas tiba di lokasi.

Baca: Diusir Arek Suroboyo, Gatot Nurmantyo Dijaga Ketat Prajurit TNI">TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya