Ritual Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Sebelum Tembus Goa Baliem Papua

VIVA Militer: Pasukan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad
Sumber :

VIVA – Pada awal September 2020, prajurit dari Batalyon Infanter Para Raider Lintas Udara 305/Tengkorak,Brigade Infanteri Lintas Udara 17/Kujang I, Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI berhasil mengukir sebuah raihan yang luar biasa dalam Operasi Pengamanan Perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Prajurit Yonif 305/Tengkorak, menjadi batalyon TNI yang pertama kali bisa masuk ke Distrik Goa Baliem, Kuyawage, Kabupaten Lannyjaya, Papua.

Distrik Goa Baliem bukan wilayah desa yang dekat dengan perkotaan, wilayah ini berada di pedalaman pegunungan tengah Papua. Untuk bisa mencapai lokasi dibutuhkan perjuangan yang amat berat, sebab medan menuju lokasi sangat berat.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Selama berhari-hari pasukan Tengkorak 305 harus naik turun gunung, keluar masuk hutan, menyeberangi sungai dan di bawah ancaman kelompok bersenjata OPM.

VIVA Militer: Pasukan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Pasukan yang berhasil melaksanakan tugas berat ini adalah prajurit dari Kompi Alap-alap yang dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Tugas Pamtas Yonif 305/Tengkorak, Mayor Infanteri Fajar Akhirudin.

Di wilayah itu mereka berhasil membuat fasilitas umum penunjang perekonomian masyarakat, salah satunya ialah pendirian pasar tradisional yang diberinama Pasar Merah Putih 305.

Untuk diketahui, Yonif 305/Tengkorak merupakan salah satu satuan TNI yang dilibatkan dalam Operasi Pengamanan Perbatasan RI-PNG Mobile tahun 2019.

Pasukan elit lintas udara ini mulai meninggalkan markasnya di Desa Sirnabaya, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang, pada  Sabtu, 9 November 2019. Dan mulai diberangkatkan ke medan operasi melalui Jakarta International Container Terminal, dua hari kemudian, Senin, 11 November 2020.

VIVA Militer: Pasukan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad

Jauh sebelum keberangkatan menuju Papua, persiapan matang telah dipersiapkan mulai dari fisik, perbekalan sampai persenjataan. Hanya saja yang tak kalah penting, mereka menggelar sebuah ritual yang telah menjadi tradisi para leluhur Yonif 305/Tengkorak.

Ritual itu diberinama tradisi Pasir Ipis. Prosesinya bagi awam pasti sangat berat, sebab semua pasukan yang akan diberangkatkan ke Papua, harus berjalan kaki dari markas mereka ke sebuah wilayah bernama Gunung Pasir Ipis. Wilayah ini berada Desa Margakarya, Kecamatan Teluk Jambe, Lembang, Jawa Barat.

Dalam perjalanan menuju ke Pasir Ipis, para prajurit Yonif 305/Tengkorak membawa beberapa jenis bendera. Mulai dari bendera perang batalyon, bendera perang kompi, dan pastinya membawa sang saka Merah Putih.

Setelah berjalan bersama selama berjam-jam, pada malam hari dimulailah tradisi yang disebut pembakaran api semangat.

VIVA Militer: Yonif Para Raider 305/Tengkorak

Dalam pekatnya malam yang diliputi angin gunung yang sangat dingin, di bawah penerangan api unggun besar, satu persatu prajurit mencium bendera Merah Putih, kemudian mencium bendera perang batalyon berwarna merah dengan gambar tengkorak manusia.

Selepas itu para prajurit meminum air kelapa. Maksudnya sebaga wujudu rasa syukur yang tulus dan ikhlas dalam melaksanakan tugas mulia, yang bakal mereka jalani.

Nah, kini setelah 10 bulan berlalu, 450 prajurit Yonif 305/Tengkorak telah berhasil menunaikan smeua tugas sebagai Satgas Pamtas. Dan mereka saat ini berada dalam perjalanan pulang dari Papua.

Kabar terkini yang diterima VIVA Militer, Selasa 29 September 2020, Yonif 305/Tengkorak sudah berlayar dengan menumpangi kapal perang KRI Tanjung Kambani 971 dari Dermaga Cargo Dock PT. Freeport Indonesia, Timika menuju Tanjungpriok, Jakarta Utara.

Selamat datang para ksatria tengkorak. Selamat berjumpa kembali dengan markas, istri anak dan juga orang-orang yang dicintai.

Baca: Tembus Goa Baliem, Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Kembali dari Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya