7 Prajurit Tengkorak Putih TNI Latihan Bersama di Negeri Paman Sam

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 303/SSM
Sumber :
  • Instagram Yonif Raider 303

VIVA – Hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Amerika Serikat sudah lama terjalin, bahkan sebelum kemerdekaan. Kerja sama keduanya terus terjalin dengan sangat baik hingga saat ini.

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat juga terjadi di bidang militer. Kali ini Tentara Nasional Indonesia (TNI), memberangkatkan sebanyak 125 prajurit TNI AD yang tergabung dari beberapa batalyon untuk mengikuti latihan bersama selama kurang lebih dua bulan.

Dari total 125 prajurit yang diberangkatkan, ada tujuh prajurit asal Batalyon Infanteri Raider 303/Setia Sampai Mati (Yonif Raider 303/SSM) Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yang turut mengikuti latihan bersama di Negeri Paman Sam itu.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Dilansir VIVA Militer dari siaran resmi Yonif Raider 303, Selasa 29 September 2020, para personel Yonif Raider 303/SSM sedang mengikuti kegiatan Latihan Bersama (Latma) atau Joint Readiness Training Center (JRTC) di Fort Polk, Louisiana, Amerika Serikat.

JRTC Rotation 21-01, merupakan latihan bersama terbesar yang pertama kalinya terwujud dalam sejarah militer yang diadakan antar dua negara itu. 

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Selain meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan AS, pasukan yang memiliki lambang kesatuan tengkorak putih ini juga memanfaatkan latihan bersama sebagai wadah untuk berbagi pengalaman.

Tidak hanya itu, mereka tentu juga mengaplikasikan taktik serta teknik latihan bertempur yang sudah dilatih di Negeri Paman Sam itu. Sehingga ketika kembali ke Tanah Air, ilmu yang sudah mereka dapatkan bisa diterapkan ke pasukan.

Perlu diketahui bahwa pasukan tengkorak putih merupakan pasukan yang pernah menumpas Partai Komunis Indonesia (PKI). Selain itu, pasukan ini juga pernah dipimpin langsung oleh Panglima Besar Soedirman.

Pada awal bulan Agustus 1948, pasukan tengkorak putih bertugas untuk menumpas PKI di tiga daerah yaitu Wonogiri, Baturetno, dan Wuryantoro. Hasilnya adalah dua kompi pasukan PKI yang berada di bawah pimpinan Mayor Sampir, menyerah. 

Baca: Ritual Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Sebelum Tembus Goa Baliem Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya