Keren, TNI AD Punya Dua Kapal Pengangkut Tank Baru Buatan Dalam Negeri

VIVA Militer : Kapal pengangkut Tank milik TNI AD, Kapal ADRI 50
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) kini memiliki dua unit kapal pengangkut kendaraan tempur jenis leopard atau tank baru yang akan mendukung pergerakan pasukan tempur TNI AD.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Dua kapal baru milik TNI AD kini dioperasikan oleh Satuan Angkutan Air (Satangair) TNI AD yang bermarkas di sekitar pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Iya, dua kapal terbaru Satangair TNI AD itu dinamakan Angkatan Darat Republik Indonesia (ADRI) 51 dan ADRI 52. Keduanya merupakan kapal kelas pengangkut logistik yang akan mensuplay kebutuhan material, serta alat angkut prajurit ke medan tempur. 

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Komandan Satuan Angkutan Air (Satangair) TNI AD, Kolonel Cba Winarno menyatakan, keberadaan dua unit kapal angkut terbaru milik TNI AD itu sangat membantu pergerakan prajurit TNI AD dan pengiriman material logistik berikut alutsista yang akan digunakan oleh personil TNI AD ke berbagai medan, khususnya ke luar Pulau Jawa.

"Kapal baru kita ada dua unit, ADRI 51 dan ADRI 52 ini dikhususkan untuk mengangkut Tank Leopard. Karena kita, Angkatan Darat sudah memiliki 100 Tank Leopard, tetapi kita belum punya alat angkutnya. Sehingga kalau latihan-latihan di daerah luar jawa kita kesulitan untuk angkutnya, dan sekarang jawabannya Kapal ADRI 51 dan ADRI 52 ini," kata Kolonel Cba Winarno di Markas Komando Satuan Angkutan Air, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 29 September 2020.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

VIVA Militer : Kapal Pengangkut Tank TNI AD, ADRI 51

Untuk diketahui, Kapal ADRI 51 dan ADRI 52 merupakan jenis kapal pengangkut logistik yang memiliki berat 1500 Dead Weight Tonnage (DWT). Kapal ADRI 51 dan ADRI 52 memiliki kapasitas untuk mengangkut delapan unit tank leopard dan dua unit transporter. 

"Kapal ini juga dilengkapi dengan helipad untuk pendaratan helikopter di atas pesawat," ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, Kapal jenis Landing Ship Tank (LST) TNI AD ini dilengkapi dengan 130 kamar tidur untuk pasukan dan 67 kamar ABK. ADRI 51 dan ADRI 52 memiliki kapasitas mengangkut satu batalion pasukan ke medan tempur.

Bahkan, hasil penelusuran VIVA Militer, ternyata kapal buatan dalam negeri itu sudah dilengkapi dengan teknologi canggih standar IMO. Sehingga, kapal angkut TNI AD itu memiliki kemampuan untuk mendeteksi kapal-kapal musuh yang berada di sekitarnya hanya dengan memantau radar dari atas anjungan.

Karena kapal ADRI 51 dan ADRI 52 bukan merupakan kapal perang pada umumnya, kapal TNI AD ini hanya dilengkapi dengan sistem pertahanan standar. Kapal ADRI 51 dan ADRI 52 hanya dilengkapi dengan persenjataan CIS 150 kaliber 12.7 mm dan Senapan Mesin Ringan (SMR).

"Insyaallah dalam waktu dekat ini kapal ADRI 51 dan ADRI 52 akan dilakukan serah terima dari Kementerian Pertahanan kepada TNI AD," katanya.

Baca juga : Pasukan Garuda Kuning Bikin Tobat Warga Serahkan Senjata ke TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya