Dua Sosok Panglima TNI Pemilik 3 Brevet Pasukan Khusus Top Dunia

VIVA Militer: Mabes TNI.
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Banyak yang tidak mengetahui bahwa hanya ada dua orang jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang memiliki tiga brevet dari tiga pasukan elit yang ada di dalam jajaran TNI.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Ketiga brevet pasukan elit itu adalah brevet dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Komando Pasukan Khas (Kopaskhas), dan Detasemen Jala Mangkara (Denjaka). Mengingat prestasi yang pernah ditorehkan ketiga pasukan elit ini tidak main-main dan namanya pun sudah dikenal sebagai top special forces di kalangan militer dunia.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun VIVA Militer dari berbagai sumber Rabu 30 September 2020, ternyata hanya ada dua sosok jenderal yang memiliki ketiga brevet pasukan elit itu.

Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

Kedua jenderal ini sama-sama pernah menduduki jabatan tertinggi dalam jajaran militer Indonesia, yaitu sebagai Panglima TNI. Kira-kira siapa ya kedua sosok jenderal itu?

VIVA Militer: Jenderal TNI (purn) Moeldoko.

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Nah, sosok yang pertama adalah Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko. Ternyata, jenderal asal Jawa Timur itu juga peraih bintang Adhi Makayasa saat lulus Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) pada tahun 1981.

Dalam laporan VIVA Militer sebelumnya, diketahui bahwa jenderal Moeldoko bukanlah lahir dari kalangan keluarga yang berada. Ia justru berasal dari kalangan bawah, karena sang ayah hanyalah seorang petani.

Tapi semua dibuktikan dengan kerja keras, semangat juang, dan rasa terus berjuang yang membuatnya pernah mencicipi jabatan nomor satu di jajaran TNI. Jadi pantas saja ya, jika Moeldoko memiliki tiga brevet pasukan elit TNI.

VIVA Militer: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sosok jenderal yang kedua adalah Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, yang kini masih menjabat sebagai Panglima TNI ke-20. Ia dikenal karena menjadi jenderal kedua dari kalangan Angkatan Udara, yang berhasil menduduki jabatan sebagai Panglima TNI.

Saat di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMA), Hadi mengambil jurusan IPA. Itu dilakukan agar mempermudah jalannya dalam merintih karier sebagai penerbang TNI AU. Ia juga dikenal pintar oleh teman-temannya.

Selain pintar, Hadi juga memiliki sifat yang tidak mudah menyerah. Jadi pantas saja, jika pria asal Malang ini mampu memiliki tiga brevet dari pasukan elit dalam jajaran TNI.

Baca: Siapa Sangka 32 Tahun Kemudian Anak Petani Ini Jadi Panglima TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya