Presiden Jokowi Datang, Kapal Perang TNI Siaga di Laut NTT

VIVA Militer: Kapal Perang KRI Tongkol 813 TNI.
Sumber :
  • TNI

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan salah satu kapal perang andalannya untuk menjaga keselamatan perjalanan Presiden Joko Widodo menuju ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

Dalam siaran resmi yang didapatkan VIVA Militer, Kamis 1 Oktober 2020, dalam pengawalan standar VVIP itu, TNI mengerahkan Kapal Perang KRI Tongkol 813.

Menurut Komandan Pangkalan TNI AL Maumere, Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto, KRI Tongkol 813 dikerahkan untuk melakukan sterilisasi di wilayah perairan yang dilalui rombongan Presiden Joko Widodo.

8 Jenderal Pejabat Utama TNI AU Diganti, 2 Kolonel Melejit Pecah Bintang

Sterilisasi itu sangat diperlukan dalam pengamanan VVIP. Terutama untuk mencegah terjadinya sabotase terhadap rombongan kepala negara. Selain KRI Tongkol 813, TNI AL juga mengerahkan Sea Raider dari Pos AL Labuan Bajo.

Presiden Jokowi bertolak ke Labuan Bajo, untuk meninjau pembangunan terminal multifungsi di daerah Wae Kelambu yang nantinya untuk mendukung aktivitas bongkar muat peti kemas kapal.

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

Untuk diketahui, KRI Tongkol 813 bukan kapal perang biasa. Kapal ini merupakan kapal patroli canggih jenis FPB-57 generasi pertama hasil rancangan pabrikan Lurssen, Vegesack, Jerman.

Kapal yang diproduksi PT PAL Surabaya ini memiliki sistem persenjataan yang cukup handal. Pada tubuh kapal bersemayam  meriam tunggal 40 milimeter dan dua senapan mesin 7.62 milimeter.

Baca: TNI Ungkap Modus Jenderal Gatot Cs ke Kalibata, Tak Murni Ziarah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya