Peristiwa Langka, Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Naik Pangkat di Lautan

VIVA Militer: Yonif Para Raider 305/Tengkorak
Sumber :
  • Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad

VIVA – Ada peristiwa langka dialami pasukan dari Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak/17/ 1 Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Kostrad) Tentara Nasional Indonesia.

Satgas Yonif 623/BWU TNI AD Gandeng Chef Bobon Gelar Makan Makan Besar di Daerah Rawan Papua

Pasukan elit Kostrad ini melaksanakan kenaikan pangkat tidak di markas mereka di Desa Sirnabaya, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang. Tapi di atas Kapal Perang TNI, KRI Tanjung Kambani 971 di Perairan Laut Banda.

Dalam siaran resminya dilansir VIVA Militer, Jumat 2 Oktober 2020, ada sebanyak 450 prajurit dari Yonif PR 305/Tengkorak yang mendapatkan kenaikan pangkat.

Siasat Licik Israel Sabotase Iran Dibongkar Media Amerika

Acara korp raport dilangsungkan di atas anjungan KRI Tanjung Kambani, dipimpin langsung Komandan Satuan Tugas Yonif PR 305/Tengkorak, Mayor TNI Fajar Akhirudin. Semua prajurit mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

"Selamat atas kenaikan Pangkat, ingat pangkat yang diamanahkan kepada kalian adalah suatu kehormatan yang harus dipertanggungjawabkan, kegiatan kenaikan pangkat di atas laut ini merupakan kejadian langka," kata  Mayor TNI Fajar.

Horor, Rudal Termonuklir Rusia Hantam Situs Listrik Ukraina

Pasukan Tengkorak TNI tak bisa melaksanakan acara kenaikan pangkat di markas, karena mereka masih dalam perjalanan kembali usai melaksanakan tugas pengamanan perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Mereka telah selama 10 bulan berada di Papua dan kembali ke markas dengan dibawa  KRI Tanjung Kambani 971 dari Dermaga Cargo Dock PT. Freeport Indonesia, Timika, menuju Pelabuhan Internasional Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Perlu diketahui, selama bertugas di Papua, salah satu keberhasilan yang diraih Yonif Para Raider 305/Tengkorak ialah, menembus menembus hutan belantara hingga bisa sampai ke Distrik Goa Baliem, Kuyawage, Kabupaten Lannyjaya, Papua.

Distrik Goa Baliem bukan wilayah desa yang dekat dengan perkotaan, wilayah ini berada di pedalaman pegunungan tengah Papua. Untuk bisa mencapai lokasi dibutuhkan perjuangan yang amat berat, sebab medan menuju lokasi sangat berat.

Baca: Ajudan Wapres Boediono Dimutasi dari Jabatan Panglima Koarmada II TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya