Bertemu saat Salat, Dandim Terkejut Sersan Mayor Darmanto Meninggal

VIVA Militer: Dandim 0703, Letkol TNI Wahyo Yunartoto di makam Serma Darmanto
Sumber :
  • Kodim 0703/Cilacap

VIVA – Komandan Komando Distrik Militer 0703 Cilacap, Letnan Kolonel Infanteri Wahyo Yunartoto, mendatangi pusara Sersan Mayor Darmanto di Taman Pemakaman Umum Congot, Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Di makam Serma Darmanto, Letkol TNI Wahyo menaburkan bunga dan berdoa bersama-sama petinggi-petinggi jajaran Kodim 0703 Cilacap.

Dalam siaran tertulis yang didapatkan VIVA Militer, Rabu 7 Oktober 2020, Letkol Wahyo menuturkan, bahwa dirinya sangat terkejut dengan meninggalnya Serma Darmanto, sebab menurutnya, dia belum lama ini bertemu dan kondisi almarhum kala itu sangat baik.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Terakhir saya berjumpa dengannya, waktu itu sedang melaksanakan Salat Zuhur berjamaah di Musala Kodim. Saya sempat komunikasi dan menanyakan keadaannya, tak ada tanda-tanda sakit ataupun keluhan yang dialaminya. Waktu itu kondisinya dalam keadaan sehat dan bekerja sebagaimana biasanya," kata Letkol Wahyo.

VIVA Militer: Dandim 0703, Letkol TNI Wahyo Yunartoto di makam Serma Darmanto

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Bagi Letkol Wahyo, sosok Serma Darmanto merupakan prajurit TNI baik dan ramah serta mudah bergaul dengan siapa saja. Almarhum semasa bertugas juga dikenal rajin dan tekun.

"Selama hidup, almarhum telah menunjukkan darma baktinya untuk bangsa dan negara yang patut kita teladani, di samping itu sebagai manusia tentu dirinya tak luput dari khilaf dan kesalahan, untuk itu mari kita semua kiranya dapat memaafkan dan mendoakan almarhum, semoga mendapat tempat yang terbaik di sisinya," ujar Letkol Wahyo.

Serma menghembuskan napas terakhir ruang perawatan Rumah Sakit Islam Fatimah, Cilacap, Jawa Tengah, pada pukul 04:56 WIB, Selasa 6 Oktober 2020. Dari keterangan medis, almarhum disebutkan menderita sakit.

Semasa hidupnya, Serma Darmanto bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Karangtalun. Dia merupakan anggota Komando Rayon Militer 18/Cilacap Utara.

Baca:  Jenderal TNI Ajudan Wapres Budiono Resmi Lepas Jabatan Pangkoarmada II

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya