947 Calon Bintara dan Tamtama TNI Jalani Tes Tahap Pertama

VIVA Militer: 947 Peserta Calon Bintara dan Tamtama, Hadapi Test Tahap Pertama
Sumber :
  • Website TNI AL

VIVA – Tercatat sebanyak 947 peserta, yang terdiri dari Calon Bintara (Caba) dan Tamtama prajurit karier 2020. Dari total keseluruhan, para peserta terbagi menjadi 596 pria dan 68 wanita.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Sementara itu, tercatat sebanyak 283 calon Tamtama. Mereka diketahui sedang menjalani tes kesehatan, yang digelar di Markas Komando Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Mako Lanal) Banyuwangi.

Dikutip VIVA Militer dari situs resmi TNI AL, Jumat 8 Oktober 2020, tes kesehatan yang sedang dijalani merupakan rangkaian tes tahap pertama, pada penerimaan calon siswa. Setelah calon siswa dinyatakan lulus dan memenuhi kategori yang diuji, mereka akan mengikuti tes tahap kedua.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Tes tahap kedua yang akan diikuti yaitu psikologi, kesamaptaan, mental ideologi (MI), pemeriksaan dan administrasi (Rikmin).

"Tes sebenarnya sudah dimulai sejak kemarin. Karena saat ini masa pandemi COVID-19, maka pelaksanaan tes dengan secara ketat menerapkan protokol kesehatan,” ujar Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Joko Setiyono.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Ujian penerimaan calon prajurit TNI AL, tidak hanya berhenti pada tahap kedua. Setelah calon prajurit ini lulus di tahap kedua, maka mereka akan mengikuti tes penentuan terakhir tingkat daerah.

Selanjutnya mereka yang lolos tes di tahap kedua tingkat daerah, mereka akan dikirim ke Lembaga Penyediaan Tenaga TNI AL (Lapetal) di Malang. Kemudian mereka akan menyelesaikan tes tahap ketiga dan penentuan terakhir tingkat pusat.

"Calon peserta yang berhasil sampai masuk pendidikan itu lulus murni yang didapat dari hasil kerja keras sendiri, dalam pelaksanaan tes bebas KKN, akuntable dan tidak dipungut biaya alias gratis,” ucap Danlanal Banyuwangi menambahkan.

Baca: Sudah 3 Bulan Tentara Amerika Hilang Tanpa Jejak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya