Peluru OPM Bersarang di Pinggang Sertu TNI Faisal Akbar

VIVA Militer : Prajurit TNI dan TGPF Menko Polhukam diserang separatis OPM
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA – Kebiadaban yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKSB) atau OPM kembali terjadi di Tanah Papua. Jum'at sore, 9 Oktober 2020 kemarin, para gerombolan bersenjata itu kembali melakukan penyerangan terhadap prajurit TNI yang tengah melakukan pengawalan kepada rombongan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang dibentuk oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di wilayah Pegunungan Intan Jaya, Papua.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Kedatangan TGPF yang tengah melakukan investigasi kasus penyerangan beruntun yang diduga dilakukan oleh kelompok separatis bersenjata OPM pada pertengahan September lalu di sekitar Pos Koramil Persiapan Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, hingga menewaskan seorang pendeta yang bernama Yeremia.

Setelah selesai melakukan investigasi, rombongan TGPF yang dipimpin oleh Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto diserang oleh sekelompok orang bersenjata dari atas pegunungan Intan Jaya.  

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

VIVA Militer :  Prajurit TNI dan Tim TGPF Menko Polhukam ditembaki OPM di Papua

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kapen Kogabwilhan III), Kolonel Czi IGN Suriastawa menjelaskan, insiden penyerangan terhadap rombongan TGPF Menko Polhukam terjadi tepat di tanjakan Wabogopone, Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya setelah mobil iring-iringan TGPF yang dikawal prajurit TNI dan Polri usai melakukan olah TKP di Hitadipa.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

"Rombongan tiba-tiba ditembaki dari arah kanan dan kiri jalan," kata Kolonel Czi IGN Suriastawa kepada VIVA Militer, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Akibat insiden itu, lanjut Kapen Kogabwilhan III, dua orang terkena timah panas yang berasal dari senjata kelompok kriminal bersenjata itu. Mereka yang terluka kena tembakan adalah Bambang Purwoko yang merupakan Dosen dan Peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogjakarta dan seorang prajurit TNI yang bernama Sersan Satu (Sertu) Faisal Akbar anggota TNI dari satuan Kodim 1304 Gorontalo. 

"Bambang Purwoko terkena tembakan di kaki kiri, sedangkan prajurit TNI terkena tembakan di bagian Pinggang. Dan keduanya pagi tadi sudah diterbangkan ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan intensif dari tim medis," ujarnya. 

Baca juga : Sertu Faisal, TNI yang Ditembak OPM di Papua Diterbangkan ke Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya