Aksi Prajurit TNI Penyelamatan Dramatis Musibah Karamnya KMP Mutiara

VIVA Militer: Prajurit TNI evakuasi penumpang KMP Mutiara.
Sumber :
  • TNI AL

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah berhasil menyelamatkan puluhan penumpang KMP Mutiara Pertiwi yang mengalami musibah di Perairan Karang Aji Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Berdasarkan siaran resmi yang dihimpun VIVA Militer dari TNI Angkatan Laut, Senin 12 Oktober 2020, dalam operasi penyelamatan itu, TNI AL mengerahkan Kapal Patroli Keamanan Laut Menumbing 1.3-46.

Operasi penyelamatan berlangsung dramatis, sebab dilakukan dalam kondisi gelap gulita. Meski begitu prajurit TNI dan tim SAR gabungan dari unsur lain hanya membutuhkan waktu 30 menit saja, untuk mengevakuasi semua awak kapal ferry itu.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Seluruh penumpang dievakuasi dengan menggunakan Kapal KN Kalian, Menumbing 1.3-46 dan KP 27 Polairud Bangka barat, kemudian dievakuasi menuju Dermaga ASDP Pelabuhan Tanjung kalian.

KMP Mutiara Pertiwi karam dalam pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Siapiapi menuju Pelabuhan Kalian Muntok. Kapal karam malam hari pada Minggu 11 Oktober 2020.

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

Sementara itu, setelah penumpang dievakuasi, tim SAR gabungan melakukan pengawalan terhadap badan KMP Mutiara Pertiwi, sembari menunggu air pasang tinggi, agar bisa menarik badan kapal dari lokasi karam.

Sampai saat ini penyebab karamnya KMP Mutiara Pertiwi masih diselidiki, jika berkaca dari data manifest, KMP Mutiara Pertiwi mematuhi aturan, kapal itu hanya mengangkut sebanyak 17 kendaraan dan 58 penumpang.

Baca: TNI Datangkan 2 Batalyon Marinir dari Jawa Timur Siaga di Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya