TNI Poles Mutiara Belanda yang Ditemukan Terpendam Ratusan Tahun

VIVA Militer: Danrem O73 Kolonel Ari Yulianto di lokasi temuan mutiara Belanda.
Sumber :
  • Kodim 0717/Purwodadi

VIVA – Ternyata Tentara Nasional Indonesia, tak menyia-nyiakan begitu saja mutiara peninggalan Belanda, yang ditemukan setelah ratusan tahun terpendam di aliran Kali Buk, Kelurahan Wirosari, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Terbukti, berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA Militer, Sabtu 17 Oktober 2020, TNI langsung bergerak melakukan penyelamatan dengan melakukan pemolesan alias membenahi lokasi temuan benda bersejarah itu.

Prajurit dari jajaran Komando Resor Militer 073/Makutarama, Komando Distrik Militer 0717/Purwodadi dan Batalyon Infanteri 410/Alugoro dikerahkan ke lokasi temuan situs irigasi bersejarah. Bahkan, TNI membangun posko khusus selama dilakukan pembenahan.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Kini aliran Kali Buk sudah mulai terlihat bersih dan indah, aliran kali sudah direlokasi dengan dilakukan pengerukan serta pembersihan timbunan sampah, sehingga air mengalir dengan lancar.

VIVA Militer: Prajurit TNI bersihkan lokasi irigasi kuno.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Pepohonan juga telah ditanam di sepanjang bantaran kali, sementara bendungan yang berada tepat di bawah situs irigasi peninggalan Belanda juga telah dibenahi. Meski belum seratus persen tuntas, tapi saat ini dari kejauhan bentangan situs irigasi sudah bisa terlihat jelas dari kejauhan.

Yang paling menarik ialah, saat masyarakat mulai turun ke lokasi untuk membantu TNI memoles situs kuno itu. Mereka saling bergotong royong memperindah lokasi temuan.

Untuk diketahui, bangunan bergaya arsitektur Eropa kuno itu merupakan sebuah saluran irigasi yang dibangun sebelum Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan Belanda.

Selama ini, bangunan bernilai sejarah tinggi itu benar-benar dibiarkan tersembunyi di antara rimbunnya pepohonan dan timbunan material yang ada di aliran kali. Belum lagi sampah yang menggunung.

VIVA: Bangunan irigasi kuno peninggalan Belanda yang ditemukan TNI.

Saat prajurit TNI dan masyarakat membersihkan lokasi itu, barulah terlihat sebuah pemandangan yang luar biasa. Ternyata saluran irigasi yang selama ini terbengkalai, memiliki bentuk yang sangat indah.

Terdapat pilar besar penyangga bergaya khas Eropa. Sepanjang saluran irigasi juga terdapat pagar tembok yang mirip dengan sebuah benteng kerajaan.

Dan hebatnya lagi, saluran irigasi itu berada di atas sebuah bangunan dam besar yang dibentuk menyerupai huruf V. Kodim 0717/Purwodadi menamainya mutiara terpendam itu dengan sebutan hidden paradise alias surga tersembunyi.

Baca: Tak Disangka, Kuli Bangunan Ini Bikin Jenderal TNI Andika Terpesona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya