Ini Amanat Komandan Marinir TNI AL untuk 345 Prajurit Baru

VIVA Militer : Mayjen TNI Suhartono memimpin Upacara Pembaretan Korps Marinir
Sumber :
  • Dispen Kormar TNI AL

VIVA – 75 Bintara Remaja dan 270 Tamtama Remaja Korps Marinir TNI AL Angkatan XXXIX/2 Tahun 2020 secara resmi mendapatkan Baret Ungu kebanggaan Korps Marinir.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Upacara Penyematan Pembaretan dilakukan di pinggir Pantai Baruna, Kondang Iwak, Malang pada hari Senin, 19 Oktober 2020 dipimpin langsung Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI Suhartono.

Dankormar Mayjen TNI Suhartono menyatakan, seluruh prajurit Marinir harus senantiasa menjaga profesionalitas dalam menjalankan tugasnya dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak hanya itu, dalam amanatnya, orang nomor satu di Korps Marinir itu telah mengamanatkan agar prajurit Marinir harus bekerja dengan mengedepankan humanisme bersama rakyat.

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

"Mulai saat ini mulai tumbuhkan dan pupuk kesadaran di dalam sanubari para Bintara Remaja dan Tamtama Remaja bahwa kalian semua adalah, Prajurit Korps Marinir yang profesional, berjiwa kesatria, prajurit petarung yang handal dan unggul disetiap penugasan, berwawasan modern, religius, dan humanis serta senantiasa siap tampil sebagai garda terdepan dalam membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kesadaran ini akan menuntun kalian disetiap langkah pengabdian dimanapun bertugas," Kata Mayjen TNI Suhartono dikutip VIVA Militer dari keterangan Dispenmar, Selasa, 20 Oktober 2020.

Pada acara yang tetap melaksanakan protokol kesehatan tersebut, Dankormar selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa, Upacara Penyematan Baret Ungu merupakan bagian dari implementasi pembinaan Korps Marinir dari aspek kultural, pembinaan tradisi yang menjunjung nilai-nilai luhur, pembinaan karakter penanaman rasa kebanggaan, dan kehormatan diri serta kecintaan kepada Korps Marinir.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Upacara yang dilaksanakan di pantai yang telah diresmikan oleh Dankormar beberapa bulan lalu itu, diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan penghormatan kepada Pataka Korps Marinir, dan pembacaan Surat Keputusan Dankormar.

Setelah itu dilanjutkan dengan Prosesi Pemakaian Baret Korps Marinir dengan diperdengarkan pidato Presiden Soekarno pada saat penganugerahan Panji kepada Korps Komando AL, pembacaan Surat Pesan Terakhir Prajurit KKO AL Usman Dan Harun, Pemakaian baret oleh Inspektur Upacara, pengucapan Janji Prajurit Korps Marinir oleh seluruh prajurit Korps Marinir, menyanyikan Hymne Marinir, amanat Inspektur Upacara serta pembacaan Doa.

VIVA Militer: Prajurit TNI di basis OPM Paro

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Mereka terluka dari melarikan diri.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024