Pasukan Elit Kopaska TNI Latihan Tempur di Papua

VIVA Militer: Kopaska TNI siaga di Ambalat.
Sumber :
  • TNI AL

VIVA – Selama dua pekan ke depan yang terhitung mulai tanggal 19 Oktober 2020, satuan Komando Pasukan Katak Komando Armada (Satkopaska Koarmada) III, akan melaksanakan latihan taktik tempur dengan sandi K-1.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Berdasarkan siaran resmi TNI AL yang diterima VIVA Militer Rabu 21 Oktober 2020, satuan elit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) ini akan melaksanakan beberapa materi latihan.

Adapun beberapa materi latihan yang akan diikuti oleh Satkopaska Koarmada III, yaitu renang laut jarak jauh, menembak pistol dan laras panjang, mountaineering, fast rope, serta sejumlah materi latihan lainnya.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

“Latihan sandi K-1 dilaksanakan untuk meningkatkan moril para prajurit dalam melaksanakan latihan tersebut,” kata Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto.

Pangkoarmada III juga melakukan pengecekan dalam kesiapan materi fast rope, bersama dengan Kepala Staf Koarmada III, Laksma TNI Maman Firmansyah di lapangan upacara Mako Koarmada III, Sorong, Papua Barat.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Selain memeriksa kesiapan materi latihan, Pangkoarmada III bersama dengan sejumlah pejabat utama Koarmada III, tidak luput untuk memeriksa kesiapan helikopter yang akan digunakan saat latihan.

Adapun helikopter yang akan digunakan untuk latihan K-1 adalah helikopter Bell, dengan nomor HU-4207. Helikopter ini juga akan diawaki oleh Kapten Laut Arif Heri, sebagai pilot dan Letda Laut Ditto, sebagai co pilot. 

“Selama latihan, faktor keselamatan adalah hal yang paling penting. Peningkatan kemampuan prajurit Kopaska, juga akan diuji di sini. Di mana kondisi geografis Papua yang menuntut kesiapan yang sangat matang,” ujar Pangkoarmada III.

Selaku Perwira Pelaksana Latihan, Komandan Satkopaska Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari., M mengungkapkan bahwa Latihan Fast Rope merupakan latihan untuk menurunkan pasukan secara cepat ke titik yang tidak dapat dijangkau, baik lewat jalur darat atau laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya