Pangkoarmada II Gelar Mandi Kembang Sambut Perwira Remaja TNI AL Baru

VIVA Militer : Pangkoarmada II gelar upacara penyambutan Perwira Remaja TNI AL
Sumber :
  • Dispen TNI AL

VIVA – Sinar mentari masih memalu dari ufuk barat. 59 orang prajurit TNI Angkatan Laut telah berjajar rapih di tepi Dermaga Pangkalan Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur. Mereka semua adalah Perwira Remaja atau Paja yang baru lulus dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-65.

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Disaksikan para perwira tinggi TNI Angkatan Laut serta sejumlah kapal perang KRI yang bersandar di Dermaga Madura Ujung Surabaya, Panglima Koarmada II, Laksamana Madya TNI ING Sudihartawan yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II, Ria Sudihartawan menggelar prosesi pemandian yang dinamakan Tirta Amertha Putera Samudera Dewa Ruci kepada 59 Paja lulusan ALL Angkatan ke-65 itu.

Satu persatu para Paja itu dengan kusyuk mengikuti prosesi penyiraman segayung air kembang yang memiliki makna sebagai doa restu dan harapan agar mereka kelak bisa menjadi Pemimpin TNI AL yang tangguh, handal, mumpuni dan berintegritas.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

Dalam amanatnya, Laksda TNI Sudihartawan berharap para Paja AAL angkatan 65 itu mampu memberikan perubahan dan kemajuan dalam wujud inovasi, loyalitas, dedikasi dan kreativitas dalam kedinasan kedepan.

VIVA Militer : Pangkoarmada II pimpin upacara penyambutan Perwira Remaja TNI AL

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

Selain itu orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini juga mengingatkan para Paja, mengenai
profesionalisme serta pedoman wajib prajurit TNI yakni Sapta Marga, Delapan Wajib TNI, serta Sumpah Prajurit.

"Para Perwira bisa menampilkan sikap militan dan profesional dalam berbagai aspek, serta menjadi teladan dalam penerapan Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Sapta Marga," kata Pangkoarmad II dikutip VIVA Militer dari keterangan resminya, Rabu, 21 Oktober 2020.

Tidak hanya itu, Pangkoarmada II juga mengingatkan kepada 59 Paja lulusan AAL Angkatan ke-65 itu agar dapat bijak dalam menggunakan media sosial yang saat ini sudah menjadi salah satu perkembangan teknologi informasi.

"Kalian juga harus bijak dalam menggunakan media sosial, jauhi narkoba dan godaan-godaan duniawi lainnya yang bisa merugikan diri sendiri sesuai petunjuk Kasal Laksamana TNI Yudo Margono," kata Laksda Sudihartawan.

Untuk diketahui, prosesi pemandian kepada Perwira Remaja itu merupakan tradisi penyambutan para prajurit baru di Koarmada II. Mereka nantinya akan ditempatkan di satuan jajaran Koarmada II sesuai dengan korps masing-masing.

Baca juga : Prajurit Marinir Rela Korbankan Helmnya untuk Massa Aksi UU Cilaka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya