Ternyata Ada Peran Jenderal TNI Dibalik Kunjungan PM Jepang di Jakarta

VIVA Militer : Pangdam Jaya dampingi PM Jepang di TMP Kalibata
Sumber :
  • Pen Kodam Jaya

VIVA – Kedatangan Perdana Menteri Jepang terpilih, Yoshihide Suga ke Indonesia baru-baru ini mendapatkan sorotan dari dunia internasional, khususnya China. 

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Bagaimana tidak, kunjungan PM Suga yang secara khusus menemui Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 lalu itu dikabarkan dalam rangka membahas berbagai kerja sama bilateral dua negara sahabat, salah satunya adalah kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan di Laut China Selatan.

Setelah bertemu Presiden Jokowi, Yoshihide Suga mengungkapkan dukungannya kepada pemerintahan Indonesia terkait dengan konsep keterbukaan perairan Laut China Selatan sebagai kawasan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) yang bebas dari intervensi negara-negara di kawasan, termasuk pengaruh Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA). 

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Lawatan PM Suga ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia telah mempertegas pengaruh Indonesia di Laut China Selatan yang selama ini mendengungkan perdamaian di dunia, khususnya di kawasan Indo-Pasifik.
 
"Saya menekankan tekad Jepang untuk memprakarsai upaya-upaya berkontribusi untuk perdamaian dan kesejahteraan di kawasan. Dengan menyebutkan ASEAN memainkan peran penting dalam mewujudkan Indo-Pacific yang bebas dan terbuka," kata Suga.

Dalam lawatannya ke Indonesia, PM Jepang itu juga menyempatkan diri menziarahi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Kedatangan PM Suga ke TMP Kalibata sebagai bentuk penghormatan atas nama pemerintahan Jepang terhadap para pahlawan Republik Indonesia.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

Ada pemandangan yang cukup mengagetkan ketika PM Yoshihide Suga menziarahi TMP Kalibata kemarin, ternyata ada sosok jenderal TNI yang mengawal kehadiran PM Jepang yang baru terpilih pertengahan September 2020 lalu itu.

Lalu, siapakah sosok jenderal TNI yang berada di belakang PM Jepang itu? Dia adalah Panglima Kodam Jaya, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Mayjen TNI Dudung Abdurachman berkesempatan mendampingi PM Jepang Yoshihide Suga selama dia mengunjungi di tempat peristirahatan terakhir para pejuang Republik Indonesia itu.

Sebagai orang nomor satu yang harus bertanggung jawab atas keamanan tamu negara selama di Ibu kota Jakarta, tentunya kehadiran Mayjen TNI Dudung Abdurachman sangat diperlukan. 
 
Selain Pangdam Jaya, terlihat juga sosok Dandim 0504/Jakarta Selatan, Kolonel Infanteri Ucu Yustiana yang turut mendampingi Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Kehadiran Kolonel Inf. Ucu Yustiana di TMP Kalibata karena itu merupakan kawasan atau teritorial keamanan dibawah komando Kodim 0504/Jakarta Selatan. 

Pengawalan ketat pun dilakukan sejak PM Suga tiba di TMP Kalibata sampai kegiatan upacara penghormatan sekaligus berdoa di pusara para pahlawan Republik Indonesia selesai dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya