Mayjen TNI Suharyanto, dari Sesmilpres ke Pangdam Brawijaya

VIVA Militer : Mayjen TNI Suharyanto
Sumber :
  • Pen Kodam Jaya

VIVA – Hari ini jagad media diramaikan dengan nama Mayor Jenderal TNI Suharyanto. Nama prajurit TNI AD yang saat ini menjabat Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara (Sesmilpres) itu mendadak tenar setelah insan media mendapatkan kabar bahwa orang yang bertanggung jawab penuh atas keselamatan dan keamanan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo itu ditunjuk oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya, Jawa Timur.

Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional

Iya, Panglima TNI hari Rabu kemarin, 21 Oktober 2020 telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor Kep/835/X/2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. 

Dalam surat keputusan itu, Panglima TNI telah melakukan mutasi jabatan terhadap 47 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang terdiri dari 16 Pati TNI AD, 19 Pati TNI AL, dan 12 Pati TNI AU. 

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Salah satu yang diganti oleh orang nomor satu di Tentara Nasional Indonesia itu adalah posisi Panglima Kodam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah. Mayjen TNI Widodo dimutasi ke Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Posisi Mayjen TNI Widodo Iryansyah digantikan oleh Mayjen TNI Suharyanto.

Hari ini, Kamis 22 Oktober 2020, VIVA Militer ingin mengulas sedikit perjalanan karir militer Mayjen TNI Suharyanto. 

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

VIVA Militer : Mayjen TNI Suharyanto (pakai kalung bunga)

Selain dikenal sebagai orang dekat Jokowi karena dia bertanggung jawab penuh atas keselamatan Presiden dan keluarganya sejak menjabat Sesmilpres tahun 2019 silam, ternyata Jenderal TNI AD bintang dua itu memiliki beberapa kesamaan dengan Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Kesamaan pertama, Mayjen TNI Suharyanto dan Jenderal TNI SBY sama-sama pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya. Jenderal SBY menjabat sebagai Kasdam Jaya pada tahun 1996. Sementara Mayjen TNI Suharyanto menjabat Kasdam Jaya pada tahun 2018-2019. 

Kesamaan kedua adalah, setelah menjabat sebagai Kasdam Jaya, Jenderal TNI SBY kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai Panglima Kodam II/Sriwijaya pada tahun 1996-1997. 

Sementara jejak yang diikuti oleh Mayjen TNI Suharyanto kepada seniornya itu saat ini dia dipercaya oleh Panglima TNI untuk menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya menggantikan Mayjen TNI Widodo Irsyansyah yang akan memasuki masa pensiun.

Yang membedakan adalah, Jenderal TNI (Purn) SBY memutuskan untuk pensiun dari kemiliterannya pada tahun 2001 dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal sebagai Kepala Staf Teritorial (Kaster) TNI. Sementara Mayjen TNI Suharyanto, sebagai pria lulusan Akademi Militer tahun 1989 itu masih memiliki kesempatan untuk melanjutkan karir militernya di satuan jajaran TNI AD.

Baca juga : Panglima TNI Tunjuk Orang Dekat Jokowi Jadi Pangdam V/Brawijaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya