Ternyata Ada Peran Jenderal TNI Andika Dalam Program Food Estate

VIVA Militer : KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bertemu dengan Mentan RI
Sumber :
  • Dispen TNI AD

VIVA – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan pihaknya akan mengerahkan segala kekuatan yang dimiliki TNI AD untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional di tengah pandemi COVID-19 ini.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Hal itu dikatakan KSAD ketika bertemu dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam acara penandatanganan kerja sama antara TNI AD dengan Kementerian Pertanian terkait dengan program pembangunan pertanian nasional di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

"Kami selalu siap memberikan bantuan, apalagi ini merupakan salah satu tugas negara untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan di tengah pandemi Covid-19,” kata Jenderal TNI Andika Perkasa dikutip VIVA Militer dari keterangan resmi TNI AD, Minggu, 26 Oktober 2020.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Dia menambahkan, salah satu program pembangunan pertanian yang sedang berjalan saat ini adalah pembangunan wilayah Food Estate yang berada di Kalimantan Tengah. Food Estate memanfaatkan lahan gambut yang telah dilaksanakan sejak bulan September.??? Menurut Kasad, TNI sudah bergerak untuk membantu untuk membuka dan mengembangkan lahan pertanian di wilayah Food Estate tersebut.
???
“Di Kabupaten Pulang Pisau ada 10.000 Ha, Kabupaten Kapuas ada 20.000 Ha, bulan ini saja yang dimulai di Pulang Pisau telah dituntaskan 4.200 Ha dari targetnya 1921 Ha, berarti kami bisa selesaikan 2 kali lipat dari target, padahal masih ada kendala di lapangan,” ujarnya.

Lebih jauh dia tegaskan, ketahanan pangan adalah persoalan bangsa dan negara. Ketika negara membutuhkan TNI maka, lanjutnya, TNI akan hadir untuk mewujudkan itu semua.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

"Karena ini menyangkut dengan pertahanan nasional. Ketahanan pangan itu masalah negara, dan kita akan siap untuk negara," tegasnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, semua bentuk kerja sama TNI Angkatan Darat dengan beberapa institusi adalah salah satu upaya untuk melakukan pemulihan ekonomi Republik Indonesia di tengah pandemi Covid-19, termasuk dalam program Food Estate yang saat ini tengah berjalan.
???
“Jika diperkirakan kondisi (pertanian) kita terus menurun selama 2 tahun kedepan, maka kita akan masuk tingkat krisis. Namun tenang ada negara yang akan menjaga dan saya berharap pak Jenderal bersama jajaran tetap jaga kami, karena kami siap perang dan berada paling depan,” kata Syahrul Yasin Limpo.???

Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi saat memimpin Rakor persiapan pengamanan Idul Fitri 1445 H di Markas Polda Sumut.(dok Polda Sumut)

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Sebanyak 12.092 personel gabungan TNI/Polri dalam pengamanan arus mudik hingga perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, di Sumatera Utara. Termasuk mendirikan ratus

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024