Ternyata TNI Sudah Punya Skenario Penyelamatan Bencana Tsunami Papua

VIVA Militer: Perwira Lantamal X TNI perlihatkan peta skenario evakuasi tsunami.
Sumber :
  • Lantamal X

VIVA –  Ternyata Tentara Nasional Indonesia, telah menyiapkan skenario operasi penyelamatan dan evakuasi warga korban bencana alam tsunami di Jayapura, Papua.

Religion Ministry Sets the 2024 Eid al-Fitr on April 10

Skenario operasi penyelamatan bencana tsunami Jayapura itu disiapkan prajurit TNI Angkatan Laut dari Pangkalan Utama AL X.

Dalam siaran tertulis dilansir militer="" tag="" www.viva.co.id="">militer/">VIVA Militer, Rabu 28 Oktober 2020, skenario penyelamatan korban bencana tsunami Jayapura disiapkan dalam rapat analisa dan penentuan keputusan cara bertindak terbaik dalam mengevakuasi penanganan pengungsi korban, yang digelar di Mako Lantamal X.

Kabar Duka TNI, Kolonel IG Agung Suryawijaya Meninggal Dunia

Pada rapat itu dibahas skenario pelaksanaan evakuasi terhadap warga Kampung Skouw Sae yang terisolasi akibat bencana gelombang tsunami. Skenario terburuknya adalah, ternyata warga kampung tersebut tak bisa dievakuasi melalui jalan darat.

Penyebabnya akses darat tidak bisa dilalui akibat terputusnya sejumlah jembatan, diperparah lagi adanya ruas jalan yang tertimbun longsor.

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

Lalu langkah apa yang diambil TNI, Wakil Komandan Wadan Lantamal X Kolonel Marinir Daniel Kreuta selaku Kaskogasgabpad, memutuskan agar evakuasi warga dilakukan melalui jalur laut, dengan mengerahkan alutsista yang dimiliki Lantamal X.

"Siapkan sarana dan prasarana serta personel untuk kita laksanakan evakuasi melalui laut," kata Kolonel Daniel.

Selain skenario evakuasi warga, dalam rapat itu juga dibahas tentang kebutuhan logistik, kebutuhan kesehatan dan kebutuhan tempat penampungan untuk pengungsi bencana tsunami.

"Kepada Dansatgas evakuasi, Dansatgas laut, Dansatgas kesehatan dan Dansatgas pengungsi serta perwira logistik saya perintahkan untuk segera menyiapkan diri, sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing," kata Kolonel Daniel.

Skenario yang disiapkan TNI ini tentu sangat baik dan sebaiknya juga dimiliki semua instansi terkait di seluruh wilayah Indonesia, sebab RI merupakan salah satu negara yang rawan tertimpa bencana tsunami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya