Persempit Gerak OPM, Kostrad TNI Gelar Perayaan Sumpah Pemuda di Papua

VIVA Militer : Satgas Yonif Raider 432/WSJ Kostrad gelar upacara Sumpah Pemuda
Sumber :
  • Penkostrad TNI AD

VIVA – Berbagai macam cara dilakukan oleh TNI Angkatan Darat untuk mempersempit ruang gerak kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh prajurit TNI AD dari satuan Satgas Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad yang sedang melaksanakan tugas Pam Rahwan Jajaran Kolakops Korem 172 Pos Bonggo. 

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Mereka menggelar Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 dengan melibatkan para pelajar serta masyarakat di Distrik Bonggo Induk, Jayapura, Papua. 

Tentunya kegiatan upacara memperingati Sumpah Pemuda ke-92 yang jatuh tepat pada hari ini, 28 Oktober 2020 itu dilakukan bukan tanpa tujuan. Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah memperkokoh rasa kecintaan para pemuda dan pemudi Papua terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan kata lain melawan doktrin kelompok separatis bersenjata OPM yang menginginkan Papua keluar dari NKRI.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

Dalam kegiatan tersebut, Bapak Distrik Bonggo Induk yang bertugas sebagai inspektur upacara memberikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Komandan Pos Bonggo Serka Novrianus beserta jajarannya dalam partisipasi mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda tahun ini.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan, meningkatkan Rasa Cinta tanah air Terhadap NKRI serta membentuk karakter pemuda pemudi Distrik Bonggo Induk agar mampu memberikan sesuatu yang membanggakan untuk NKRI," kata Bapak Distrik Bonggo Induk dikutipmiliter="" tag="" www.viva.co.id="">militer"> VIVA Militer dari Penkostrad, Rabu, 28 Oktober 2020.

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

Photo :
  • Penkostrad TNI AD

Komandan Pos Bonggo, Serka TNI Novrianus menyatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda itu dengan mengerahkan sejumlah pasukan untuk ikut serta dalam kegiatan upacara dan melakukan kegiatan pengamanan selama acara berlangsung.

Untuk diketahui, setelah kegiatan upacara dilakukan, para pemuda-pemudi yang didominasi oleh para pelajar Papua itu melakukan karnaval keliling kampung dengan membawa bendera merah putih dan menggenakan baju adat dari sejumlah daerah di Indonesia.

Tidak hanya itu, karnaval keliling kampung di Distrik Bonggo Induk itu juga dilakukan dengan menampilkan keterampilan para pelajar Papua dalam menggunakan alat musik drumband. Karnaval peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun itu pun berjalan dengan meriah dibawah pengawalan prajurit TNI dari Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad.

Baca juga : OPM Kian Brutal, TNI Kerahkan Pasukan Tempur Kodam Hasanuddin ke Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya