Kolonel TNI Ini Sosok Penting Keamanan Ibukota saat Digoyang Perusuh

VIVA Militer: Kolonel TNI BJ.
Sumber :
  • Brigif 1 Mekanis PIK/Jaya Sakti

VIVA – Ada seorang komandan satuan militer Tentara Nasional Indonesia yang memiliki andil besar dalam menjaga keamanan Ibukota Jakarta  saat digoyang perusuh dalam rangkaian unjukrasa menolak Omnibus Law Cipta Kerja.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Tak main-main sosok ini merupakan jantung keamanan ibukota. Siapakah dia? Simak penelusuran VIVA Militer berikut ini.

Dia adalah Kolonel TNI Bayu Jagat, sang pemegang tongkat komando Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis PIK/Jaya Sakti.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Dalam rangkaian unjukrasa yang berlangsung secara bergelombang itu, Kolonel Bayu Jagat dan pasukannya selalu hadir di lokasi konsentrasi massa. Bahkan, ketika kerusuhan pecah di beberapa titik di Jakarta.

Kenapa Kolonel Bayu Jagat jadi jantung keamanan, sebab satuan yang dikomandaninya merupakan satuan yang memang sengaja dibentuk untuk menjaga keamanan ibukota dari gangguan apapun. Apalagi kerusuhan.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Meski tugas yang mereka emban sangat berat. Namun saat mengamankan ibukota ketika berlangsung unjukrasa dan kerusuhan, pasukannya Kolonel TNI Bayu Jagat tetap bertindak dengan sangat humanis dan tanpa senjata.

Dalam rekam jejaknya, Brigif Mekanis 1 PIK/Jaya Sakti memiliki segudang catatan operasi pengamanan ibukota yang berhasil dijalankan dengan baik. Seperti pengamanan Sidang Umum MPR/DPR, pengamanan KTT Non Blok, pengamanan APEC, pengamanan KTT Oki, pengamanan Pemilu, hingga pengamanan SEA Games.

Nah, pasukannya Kolonel TNI Bayu Jagat memiliki ciri selalu datang dengan membawa kendaraan taktis, dan ciri utama mereka adalah mengenakan baret hitam dengan lambang trisula yang diselimuti kobaran api. Dan di atasnya ada satu bintang, tepat di ujung mata utama trisula.

Baca: TNI Berduka, Empat Prajurit Kecelakaan 2 Meninggal Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya