TNI Berduka, Sesepuh Angkatan Darat Wafat

VIVA Militer: Prosesi pemakaman Koptu TNI Soetirman.
Sumber :
  • Kodim 0822/Bondowoso

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) berduka cita, salah satu sesepuh Angkatan Darat, telah berpulang untuk selamanya.  Almarhum adalah Koptu Soetirman, prajurit TNI yang turut berjuang di era kemerdekaan Republik Indonesia.

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Dalam siaran resmi dari Komando Distrik Militer 0822/Bondowoso dikutip VIVA Militer, Kamis 29 Oktober 2020, almarhum meninggal dunia pada usia 81 karena sakit.

Pejuang veteran anggota LVRI tersebut menghembuskan napas terakhir di kediamannya di Jalan MT Haryono, Kelurahan Kota Kulon, Kabupaten Bondowosoo, Jawa Timur.

Sosok Dewi Puspitorini, Jenderal Bintang 1 Jabat Dokter Ahli CVC di RSPAD

Prosesi pemakaman almarhum dilakukan secara militer dimulai dari upacara penyerahan jenazah kepada TNI hingga upacara penghormatan terakhir. Almarhum dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kotakulon, Bondowoso.

"Pelaksanaan pemakaman militer pagi ini merupakan bentuk penghormatan terakhir terhadap almarhum. Upacara militer yang dilaksanakan bagi almarhum merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada almarhum atas jasa-jasanya selama masa perang kemerdekaan di Indonesia," kata Komandan Kodim 0822/Bondowoso, Letnan Kolonel Jadi melalui Pasipers Kapten Inf Muhammad Nurdin.

Kedatangan Danjen USARPAC, Jenderal Maruli Tegaskan Akan Perkuat Kerjasama Dengan Militer AS

Semasa hidupnya, almarhum Koptu Soetirman telah meraih banyak bintang jasa, seperti Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Kehormatan Veteran (pembela Kemerdekaan RI) dan Dharma Pala Wiradharma. Almarhum meninggalkan seorang istri dan dua anak.

Baca: TNI Siapkan Pasukan Tempur Tombak Sakti Terbang ke Papua

VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024