2 Kapal Perang TNI AL Latihan RAS di Selat Malaka

VIVA Militer : Dua kapal perang TNI AL gelar latihan RAS di Selat Malaka
Sumber :
  • Pen Koarmada II TNI AL

VIVA – Dua kapal perang TNI AL yaitu KRI Bima Suci dan KRI Teuku Umar 385 melaksanakan latihan Replenishment At Sea (RAS) di perairan Selat Malaka. 

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Komandan Satgas pelayaran OBS Letkol Laut (P) Waluyo menyatakan, latihan RAS dua kapal perang milik TNI AL itu dilaksanakan dalam rangka mendukung Latihan Praktek (Lattek) Kartika Jala Krida (KJK) 2020 yang tengah dilakukan oleh KRI Bima Suci. 

Dia menambahkan, dalam teknisnya KRI Bima Suci bertemu dengan KRI Teuku Umar 385 yang sedang melaksanakan Operasi Benteng Samudera 20 dibawah kendali Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I di perairan utara Pulau Bengkalis.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Kemudian, lanjut Letkol Laut (P) Waluyo, KRI Bima Suci menurunkan bendera "R" setengah tiang sebagai tanda bagi KRI Teuku Umar 385 untuk mendekati KRI Bima Suci. Kemudian KRI Teuku Umar langsung merapat ke bagian sisi lambung kiri KRI Bima Suci.

Setelah itu, lanjutnya, KRI Bima Suci menaikkan bendera "R" penuh dan posisi KRI Teuku Umar sudah sejajar di lambung kiri KRI Bima Suci. Sosok tanda olah gerak terbatas pun mulai dinaikkan oleh kedua kapal. 

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

VIVA Militer : Dua kapal perang TNI AL latihan RAS di Selat Malaka

Photo :
  • Pen Koarmada II TNI AL

Setelah itu, KRI Bima Suci mulai menembakkan Gunline yang diikuti oleh KRI Teuku Umar untuk mengirimkan tali yang dilanjutkan dengan pelaksanaan Mailbag Transfer Station Keeping. Setelah selesai proses pengiriman barang, kedua kapal pun menurunkan Sosok terbatas olah gerak dan KRI Teuku Umar pun melaju ke depan KRI Bima Suci.

Untuk diketahui, RAS adalah kegiatan untuk memperbekali logistik pasukan antar kapal perang, mengisi bahan bakar, hingga proses evakuasi penumpang kapal. Dan perlu dicatat pula, latihan RAS ini merupakan latihan yang tidak mudah dilakukan. Sebab, latihan transfer antar kapal itu dilakukan di tengah laut lepas dan di tengah kondisi cuaca laut yang tidak pernah menentu.

"Kesempatan latihan bersama KRI TUM 385 ini merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit KRI Bima Suci sekaligus menjadikan sarana pembelajaran bagi para Taruna/Taruni Tingkat III Angkatan ke-67 yang sedang on board dan belajar di KRI Bima Suci," kata Letkol Laut (P) Waluyo dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 30 Agustus 2020.

Lebih jauh dia katakan, latihan RAS ini juga sebagai implementasi dari program prioritas Kasal Laksamanan TNI Yudo Margono terkait dengan pembangunan SDM TNI AL yang unggul.
 
"Diharapkan dengan latihan bersama ini akan meningkatkan pengetahuan bagi para Taruna/Taruni sebagai bekal pada saat penugasan kelak," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya