Heboh, Prajurit TNI AL Joged Komando di Atas Kapal Perang Bima Suci

VIVA Militer : Dua kapal perang TNI AL latihan RAS di Selat Malaka
Sumber :
  • Pen Koarmada II TNI AL

VIVA – Dua kapal perang TNI AL yaitu KRI Bima Suci dan KRI Teuku Umar 385 telah selesai melaksanakan latihan Replenishment At Sea (RAS) di perairan Selat Malaka. 

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

RAS adalah salah satu teknik mengirim perbekalan seperti bahan bakar, logistik, atau pun kebutuhan operasi pelayaran lainnya yang dilakukan dari satu kapal perang ke kapal perang yang lainnya. Tidak hanya itu, RAS juga dapat dilakukan sebagai salah satu metode mengevakuasi penumpang kapal jika terjadi kecelakaan kapal di tengah laut. Sebagai prajurit TNI AL tentunya mereka harus menguasai teknik RAS tersebut.

Secara teknis mungkin latihan RAS itu terlihat sangat mudah dilakukan, tapi jangan salah loh, RAS adalah sebuah latihan yang memiliki resiko yang sangat besar. Bayangkan jika dalam keadaan perang atau dalam keadaan bahaya lainnya yang terjadi di tengah laut. 

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Sebuah kapal perang yang bertugas sebagai penolong atau pensuplay logistik tentunya harus memiliki kemampuan dalam memberikan pertolongan yang harus dilakukan di tengah laut. 

Pertolongan atau pemberian bantuan itu tidak dilakukan dalam kondisi kapal berhenti loh, melainkan kapal masih on board atau berjalan. 

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Dalam cuplikan video pendek yang diperoleh VIVA Militer dari Puspen TNI menunjukkan bahwa latihan RAS yang dilakukan oleh prajurit TNI AL di atas dua kapal perang KRI Bima Suci dan KRI Teuku Umar 538 itu sangat terlihat resiko yang dapat terjadi jika operasi RAS itu gagal dilakukan di tengah laut. 

Dalam rekaman latihan RAS yang dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2020 kemarin di Selat Malaka itu, awak kapal dari KRI Bima Suci mengirim sejumlah logistik yang dibutuhkan oleh pasukan TNI AL yang tengah berada di KRI Teuku Umar 538. 

Dengan penuh ketelitian yang dilakukan oleh prajurit TNI AL itu akhirnya proses pengiriman logistik antas kapal di tengah laut dalam posisi kedua kapal perang itu berjalan pun berlangsung dengan sukses.

Keberhasilan latihan RAS itu pun membuat pasukan prajurit TNI AL itu bergembira, bahkan mereka langsung mengekspresikan keberhasilannya itu dengan joged komando dari atas kapal perang KRI Bima Suci. 

Baca juga : 2 Kapal Perang TNI AL Latihan RAS di Selat Malaka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya