Pasukan Jenderal TNI Andika Mau Latihan Bareng Tentara Australia

VIVA Militer : Latihan Tempur TNI Angkatan Darat
Sumber :
  • TNI AD

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa terus berkomitmen dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan para prajurit TNI Angkatan Darat.  

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Hal itu terlihat ketika Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan dari Atase Darat Australia, Kolonel Micah Batt dan asistennya Richard Swaby di Mabesad, Jakarta Pusat beberapa hari lalu.

Dalam kunjungannya itu, Kolonel Micah Batt menyampaikan bahwa pemerintah Australia ingin membangun hubungan kerjasama di bidang militer dengan TNI AD terkait dengan latihan militer bersama dengan Taruna dan Taruni Akademi Militer TNI AD.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Kolonel Micah Batt mengusulkan konsep latihan militer bersama dapat dilakukan secara virtual dengan materi pembelajaran teori pertahanan, senjata, dan sistem pelatihan.

“Kami juga bisa melakukan diskusi beberapa pilihan untuk melakukan pembinaan latihan dengan helikopter,” kata Kolonel Micah Batt dikutip VIVA Militer dari akun instagram resmi TNI AD, Selasa, 10 November 2020.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Jenderal TNI Andika pun menyambut baik tawaran latihan militer bersama dua negara tersebut. Menurut Jenderal Andika, pelatihan militer yang akan dilakukan oleh dua negara sahabat itu akan berdampak positif pada pengembangan kemampuan prajurit TNI AD kedepan. 

Orang nomor satu di Korps Angkatan Darat itu menyatakan, pelatihan bersama tentara Australia tidak hanya akan menambah pengetahuan bagi para Taruna dan Taruna TNI AD saja, tapi juga akan memberikan pengalaman yang berharga bagi para prajurit TNI AD di masa mendatang.

"Terima kasih banyak, ini bagus karena ini menjadi prioritas kami, terutama bagi saya untuk meningkatkan kemampuan penerbang TNI AD untuk menjadi lebih baik lagi," kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa.

Untuk diketahui, latihan militer yang dilakukan oleh TNI AD dengan tentara negara luar bukan hanya akan dilakukan dengan tentara Australia saja. Bulan lalu, Jenderal TNI Andika Perkasa juga telah mengirim 125 prajurit TNI AD ke Amerika Serikat (AS) untuk mengikuti latihan militer Joint Readiness Training Center (JRTC) bersama dengan US Army.

Baca juga : Mayjen TNI Dudung dan Kolonel Inf Ucu Kompak Bantu Para Veteran Perang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya