Jenderal TNI Orang Dekat Megawati Dapat Bintang Mahaputera dari Jokowi

VIVA Militer : Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi hari ini telah memberikan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera kepada 46 pejabat negara yang dianggap telah berjasa dalam membangun bangsa dan negara dalam membantu pemerintahan Indonesia. 

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel

Salah satu nama yang mendapatkan Bintang Mahaputera adalah Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu. Jenderal Ryamizard mendapatkan Bintang Mahaputera Adipradana dalam kapasitasnya sebagai mantan Menteri Pertahanan RI pada periode pertama pemerintahan Jokowi berkuasa. 

Untuk diketahui, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu disebut-sebut sebagai orang dekat dari Presiden RI ke-5, Hj.Megawati Soekarnoputri. Jenderal TNI lulusan AKABRI tahun 1974 itu pernah menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ketika masa duet kepemimpinan Gusdur-Megawati di tahun 2000-2002. 

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Ketika Presiden Gusdur lengser, dan digantikan Megawati Soekarnoputri, Jenderal TNI kelahiran Lampung itu pun dipercaya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto.

Bahkan, Megawati juga dikabarkan sempat mengusulkan Jenderal Ryamizard Ryacudu sebagai calon Panglima TNI di era pemerintahannya, namun Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang ketika itu masih menjabat sebagai Menkopolkam lebih memilih memperpanjang masa tugas Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto dan memilihnya sebagai Panglima TNI di kala itu. 

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Akhirnya, Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu pun tidak menjadi Panglima TNI hingga masa purnatugasnya. Namun, pada tahun 2014 lalu, dia dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk membidani sektor pertahanan dan keamanan dengan menunjuknya sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia periode 2014-2019.

militer/militer-indonesia/1321052-5-mantan-kepala-staf-angkatan-tni-dapat-bintang-mahaputera-dari-jokowi?headline=1">Baca juga : 5 Mantan Kepala Staf Angkatan TNI Dapat Bintang Mahaputera dari Jokowi

VIVA Militer: Peltu Bambang

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Peltu Bambang sedih lihat petani hidup menderita.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024