Tandingi Rusia, Erdogan Siap Kirim Tentara Turki ke Nagorno-Karabakh

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, bersama tentara Turki
Sumber :
  • The Kurdistan Tribune

VIVA – Pasca perjanjian damai yang telah disepakati Armenia dan Azerbaijan, Presiden Vladimir Putin, langsung menginstruksikan kepada Angkatan Bersenjata Federasi Rusia. Putin memberi perintah untuk mengerahkan pasukan militer Rusia ke wilayah Nagorno-Karabakh (Artsakh).

Turki Serukan Tekanan Besar ke Israel Untuk Mematuhi Tuntutan Gencatan Senjata PBB

VIVA Militer melaporkan dalam berita Selasa 10 November 2020, bahwa ada 1.960 tentara Rusia yang dikerahkan ke Nagorno-Karabakh. Pengerahan pasukan ke wilayah yang menjadi medan pertempuran, tak lepas dari komitmen Putin untuk ikut menjaga perdamaian Armenia dan Azerbaijan.

Seperti yang diketahui, Rusia adalah sekutu terbesar Armenia, yang telah membentuk Pakta Pertahanan Keamanan Kolektif (CSTO) dan Armenia adalah salah satu anggotanya. 

Turki Bantah Punya Kerja Sama Militer dengan Israel

Di sisi lain Turki yang juga terlibat dalam Perang Armenia-Azerbaijan, tidak mau kalah dari Rusia. Sebagai sekutu Azerbaijan, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, ingin berperan serta menjaga dan memelihara perjanjian damai kedua negara pecahan Uni Soviet itu.

Photo :
  • Islamtimes.org
Turki Bantah Tuduhan Kerja Sama Militer dengan Israel

Erdogan memastikan, pasukan Angkatan Bersenjata Turki (TSK) yang dikirim ke Nagorno-Karabakah juga akan berfungsu sebagai penjaga perdamaian. Selain itu, Erdogan meyakinkan sejumlah pihak bahwa pasukannya tidak akan melanggar fungsinya sebagai pasukan penjaga perdamaian.

"Militer Turki akan bertindak di Karabakh untuk mematuhi dan memantau perjanjian atas dasar yang sama dengan Rusia," ucap Erdogan dikutip VIVA Militer dari BulgarianMilitary.com.

Sayangnya di sisi lain, banyak analis militer yang justru memprediksi bahwa Turki dan Rusia akan kembali saling berhadapan. Pasalnya, Turki dan Rusia sempat terlibat dalam Perang Saudara Suriah.

Dalam sejumlah laporan VIVA Militer sebelumnya juga dijelaskan, Rusia melancarkan sejumlah serangan dalam sebulan terakhir ke basis-basis tentara bayaran di provinsi Idlib, Suriah. 

Angkatan Udara Federasi Rusia (VVS) mengerahkan sejumlah jet tempur untuk membombardir kamp latihan tentara bayaran, yang diduga akan dimobilisasi Turki untuk mendukung Azerbaijan dalam perang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya