Ulang Tahun Marinir ke-75, Ini Pesan Dankormar untuk Prajurit Marinir

VIVA Militer: Komandan Korps Marinir, Mayjen Suhartono.
Sumber :
  • Mayjen Suhartono

VIVA – Korps Marinir TNI Angkatan Laut tepat pada hari ini, 15 November 2020 menginjak usia 75 tahun. 

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Suhrtono menyatakan, 75 tahun mengabdikan diri untuk Indonesia bukanlah waktu yang singkat untuk Marinir mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara. 

Korps Marinir, lanjutnya, sebagai salah satu kekuatan terintegral dengan TNI telah melakukan tugas-tugasnya baik dalam Operasi Militer Perang ataupun Operasi Militer Selain Perang. 

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

"Seperti halnya di masa pandemi COVID-19 ini. Marinir hadir di tengah-tengah rakyat," kata Mayjen TNI Suhartono dikutip VIVA Militer dari keterangan resminya, Minggu, 15 November 2020.

Lebih jauh lagi dia berharap kepada seluruh prajurit tempur Marinir agar dapat bekerja keras dan meningkatkan kemampuan serta keahlian di era modern saat ini. Menurut Dankormar, di era digitalisasi saat ini marinir memiliki tantangan tersendiri dalam menjalankan tugasnya menjaga kedaulatan dan tanah air NKRI. 

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

Mulai dari teknologi informasi, senjata pertahanan menjadi sebuah tantangan tersendiri yang harus dipelajari oleh seluruh prajurit Marinir.

VIVA Militer : Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono rapid test serentak Marinir

Photo :
  • Dispen Marinir TNI AL

Berikut ini pesan Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Suhartono untuk seluruh prajurit Marinir TNI AL

"Sebagai Komandan Korps Marinir, saya menaruh harapan besar kepada seluruh prajurit agar terus adaptif, inovatif, dan kompetitif. Dunia bergerak sangat cepat, sangat dinamis. Revolusi industri yang berkembang saat ini, mempengaruhi kemajuan teknologi militer.

Untuk itu wahai prajurit Marinir terus ikuti perubahan itu dengan siapkan diri anda. Agar Korps Marinir mampu menjadi sebuah kekuatan yang modern, ekspeditionary, dan multirole. Momentum krisis ini hendaklah kita jadikan sebuah kebangkitan baru untuk melakukan lompatan-lompatan besar menjadi pemenang dalam perang melawan tantangan zaman. Menjadi marinir tidaklah mudah, selalu dihadapkan pada tugas dan tantangan yang sulit. Namun kita terlahir sebagai Korps yang kuat dan penuh semangat yang diberkahi energy untuk terus bertempur dan bekerja keras.

Bangsa Indonesia memerlukan Korps Marinir yang profesional dan militan, yang siap memenuhi semua panggilan tugas Ibu Pertiwi. Ingat, tugas adalah kepercayaan. Dan kepercayaan itu adalah suatu kehormatan bagi prajurit petarung Korps Marinir. Tunjukkan DNA Marinir mu. Kalian berdarah prajurit sejati. Pegang teguh amanat sapta marga dan sumpah prajurit. Jaga terus kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta soliditas TNI dengan Polri, dengan komponen bangsa lain.

Wahai prajurit petarungku di mana pun kalian berada dan bertugas. Ikuti setiap instruksi dengan loyalitas yang tinggi, jangan mudah termakan provokasi. Isu yang tidak benar, apalagi sampai menyebarkan berita bohong, hoax, dan informasi tanpa diklarifikasi.

Marilah kita laksanakan setiap tugas untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa. Negara ini sangat mengandalkan mu, rakyat sangat mencintai mu.

Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada prajurit yang bertugas di mana pun berada dan kepada para pendahulu Korps Marinir yang pernah berjasa mengibarkan panji kejayaan Korps Marinir. Meskipun dalam jarak, namun kita akan terus bersatu, rapatkan barisan. Seraya memohon ridho Allah SWT, mari kita laksanakan semua tugas, kita jaga kehormatan Korps Marinir. Jadikan keluarga sebagai kekuatan dalam menjalankan tugas, serta jadikan Tuhan mu sebagai sandaran di setiap langkah tugasmu.

Dirgahayu prajurit ku, Dirgahayu 75 tahun Korps Marinir. Terus bersinergi mengawal NKRI menuju Indonesia Maju. Jalesu Bhumyamca Jayamahe, Di darat dan di laut kita jaya. Marinir... Auah... auah...auah... yes."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya