Jenderal Perang Amerika Datangi Panglima TNI, Ada Apa?

VIVA Militer: Kepala Staf Angkatan Darat AS, Jenderal James McConville
Sumber :
  • National Defense

VIVA – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menerima Courtesy Call (Panggilan Resmi) dari Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat (Chief of Staff of the US Army), Jenderal James Charles McConville, di Sub Detasemen (Subden) Markas Besar (Mabes TNI) Merdeka Barat, Jakarta, Senin 16 November 2020.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Menurut laporan yang diperoleh VIVA Militer dari situs resmi TNI, dalam kunjungannya ke Jenderal McConville kepada Marsekal Hadi adalah untuk menyampaikan apresiasi Angkatan Darat AS kepada TNI Angkatan Darat, usai kesuksesan menggelar latihan gabungan di Joint Readiness Training Center (JRTC), Fort Polk, Lousiana, AS. 

McConville meyakini bahwa latihan gabungan JRTC akan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Darat, dalam menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. 

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Selain itu, latihan gabungan juga akan membuat hubungan Angkatan Darat AS dan TNI Angkatan Darat AS semakin erat.

Photo :
  • tni.mil.id
Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Total, ada 125 prajurit TNI Angkatan Darat yang diberangkatkan ke Fort Polk, AS, untuk mengikuti latihan gabungan di JRTC. Salah satu tantangan yang dihadapi saat ini adalah pandemi Covid-19 dan serangan siber. 

Hal ini perlu disikapi dengan peningkatan kemampuan dalam bidang Chemical, Biological, Radiological, Nuclear, and Explosive (CBRNE) dan bidang Siber. 

Oleh karenanya dengan kesamaan pandangan tersebut, Panglima TNI dan Kasad Amerika Serikat optimis hubungan dan kerja sama yang telah ada akan semakin kuat di masa mendatang. 

Perlu diketahui, latihan gabungan Angkatan Darat AS dan TNI Angkatan Darat di Fort Polk sudah berlangsung sejak 19 September hingga 3 November 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya