Ini Bukti Cinta TNI ke Habib Cucu Asli Nabi Muhammad nan Sopan

VIVA Militer: Jenderal TNI (purn) GM
Sumber :
  • VIVA Militer/Istimewa

VIVA – Pada 10 November 2020, seorang perwira Tentara Nasional Indonesia, mendadak mendatangi kediaman Habib Luthfi bin Ali bin Yahya di Kelurahan Noyontaan, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Perwira TNI AD itu adalah Komandan Komando Distrik Militer 0710/Pekalongan Letnan Kolonel Czi Hamonangan Lumban Toruan.

Yang tak terduga, Letkol Hamonangan datang di malam hari bersama petinggi Kodim 0710/Pekalongan, hanya demi memberikan kejutan berupa kue ulang tahun kepada Habib Lutfhi yang ternyata sedang berulang tahun ke-73.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Apa yang dilakukan Letkol Hamonangan itu menjadi sorotan, sebab begitu spesialnya sosok Habib Luthfi sehingga menyempatkan waktu untuk memberikan kejutan?.

Sebenarnya, tak cuma Letkol Hamonangan saja yang pernah dengan sengaja datang ke rumah Habib Lutfhi. Bahkan, sekelas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pernah melakukan hal serupa ketika beliau masih menjabat Panglima TNI.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Bahkan ya, jika dibandingkan dengan jenderal-jenderal TNI lainnya, Jenderal TNI Gatot merupakan sosok perwira tinggi TNI yang paling sering bersilaturahmi dengan Habib Luthfi, baik itu di Pekalongan, di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Photo :
  • VIVA Militer/Istimewa

Habib Luthfi tak cuma memiliki kedekatan khusus dengan Panglima TNI seperti Jenderal Gatot Nurmantyo  dan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto serta jenderal-jenderal TNI saja, beliau memiliki kedekatan dengan prajurit-prajurit TNI yang mungkin pangkatnya tak tinggi.

Selain itu, Habib Luthfi merupakan ulama besar Indonesia, yang juga paling sering bersilaturahmi ke markas satuan-satuan TNI.

Dari catatan VIVA Militer, Habib Lutfhi yang juga menjabat Ketua Forum Sufi Internasional, pernah bersilaturahmi ke markas Batalyon Infanteri 410/Alugoro di Dusun Bangkle, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Lalu, ke Markas Batalyon Infateri Raider 400/Banteng Raiders di Srondol, Semarang, Jawa Tengah. Dia bersilaturahmi ke markas pasukan elite TNI, sebelum pemberangkatan pasukan Banteng Raiders dalam melaksanakan operasi dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Penyangga Mobile RI-Papua Nugini.

Photo :
  • VIVA Militer/Istimewa

Kemudian, beliau juga ke Markas Batalyon Infanteri 407/Padma Kusuma, Kompi Senapan C di Wonopringgo, Pekalongan, untuk menghadiri selamatan atas kepulangan pasukan Yonif 407/PK setelah menjalankan penugasan Satgas Pamtas RI.

Selain satuan-satuan batalyon TNI, Habib Lutfhi juga pernah datang ke Akademi Militer (Akmil) di Magelang, untuk melaksanakan Salat Jumat.

Beliau juga sempat bersilaturahmi ke Markas Komando Resor Militer 064 Maulana Yusuf di Kota Serang, Banten, dalam perayaan hari ulang tahun Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi.

Saking dekatnya lagi dengan TNI dan saking cintanya pada TNI, Habib Luthfi sering mengenakan pakaian loreng khas TNI. Dia juga sering berkonvoi bersama perwira-perwira TNI dengan menaiki kendaraan-kendaraan tempur TNI di berbagai wilayah di Indonesia.

Photo :
  • VIVA Militer/Istimewa

TNI memiliki kecintaan kepada Habib Luthi, karena beliau dikenal sebagai sosok yang ramah, sopan dan santun. Baik saat berbincang-bincang maupun ketika berdakwah. Karena itulah sangat wajar sekali Letkol Hamonangan datang malam-malam hanya untuk memberikan kejutan pada Habib Luthfi.

Perlu diketahui, Habib Lutfi lahir pada 10 November 1947 di Kota Pekalongan. Beliau merupakan cucu kontan Nabi Besar Muhammad SAW. Dia memiliki nasab langsung ke Nabi Muhammad dari jalur ayah dan jalur ibu.

Dari nasab jalur ayah Habib Lutfhi merupakan keturunan ke 37 dari Nabi Muhammad, sedangkan dari nasab jalur ibu, beliau keturunan ke 35 Nabi Muhammad.

Baca: Upaya Jenderal Kopassus Selamatkan Nyawa Rakyat di Acara Rizieq Shihab

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya