TNI Akan Terjunkan Pasukan Tempur Kodam Diponegoro ke Basis OPM

VIVA Militer: Batalyon Infanteri Mekanis 403/Wirasada Pratista
Sumber :
  • Batalyon Infanteri Mekanis 403/Wirasada Pratista

VIVA – Tentara Nasional Indonesia akan menambah lagi kekuatan tempur untuk menjaga keamanan di Papua.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Dari informasi yang dihimpun VIVA Militer, Selasa 17 November 2020, TNI telah menyiapkan satu batalyon lagi untuk dikerahkan ke Papua.

Pasukan itu berasal dari Komando Daerah Militer IV/Diponegoro, yakni Batalyon Infanteri Mekanis 403/Wirasada Pratista alias Yonif Mekanis 403/WP.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Pasukan mekanis TNI AD ini sedang dipersiapkan untuk dikerahkan ke Papua, bergabung dengan Satuan Tugas (Satgas) Operasi Pengamanan Perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

Tak tanggung-tangggung, batalyon yang juga berada di bawah komando Komando Resor Militer 072/Pamungkas itu, dipersiapkan untuk masuk ke wilayah rawan. Mereka akan ditempatkan di sektor utara atau di sekitar wilayah Pegunungan Bintang.

Transformasi Kualitas Demokrasi di Papua

Sejauh ini pratugas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/WP sedang dipersiapkan di markas mereka di Jalan Kaliurang, Kentungan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tahun 2020 ini, Kodam Diponegoro telah mengerahkan beberapa batalyon ke Papua seperti Yonif Riader 400/Banteng Raiders dan Yonif Raider 408/Suhbrasta.

Perlu diketahui, Kabupaten Pegunungan Bintang merupakan salah satu zona merah gangguan keamanan, wilayah ini merupakan salah satu basis terkuat kelompok separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Yang terbaru OPM menyerang pasukan Batalyon Infanteri 312/Kala Hitam, Kodam III/Siliwangi yang sedang mengawal pendistribusian kebutuhan pokok. Sejumlah prajurit terluka dalam peristiwa itu.

Baca: Ini Bukti Cinta TNI ke Habib Cucu Asli Nabi Muhammad nan Sopan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya