KSAU Resmikan Benteng Pertahanan Udara Baru Satrudal 111 di Teluknaga

VIVA Militer: Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo resmikan Markas Satrudal 111
Sumber :
  • Dispen TNI AU

VIVA – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo hari ini meresmikan benteng pertahanan udara baru, yaitu Satuan Rudal (Satrudal) 111 di kawasan Teluknaga, Tangerang, Banten.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Menurut Kasau, kehadiran satuan pertahanan baru Satrudal 111 merupakan momentum kebangkitan sistem Pertahanan Udara Nasional seperti era 1960an. Ketika itu, lanjutnya, AURI (TNI AU) merupakan kekuatan yang cukup disegani di kawasan.

Untuk diketahui, Satrudal 111 merupakan satuan pertahanan rudal udara yang secara khusus dibentuk untuk melindungi Ibukota DKI Jakarta dari berbagai ancaman atau serangan musuh.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

"Satuan peluru kendali pertahanan udara 111 dibangun sebagai pertahanan udara terhadap potensi serangan musuh khususnya di wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya," kata  Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sesaat setelah meresmikan Satuan Rudal (Satrudal) 111, Kamis, 26 November 2020.

Lebih jauh lagi Kasau meminta kepada seluruh personel yang mendapat kepercayaan mengawaki organisasi baru ini segera beradaptasi dan kuasai teknologi yang dibutuhkan untuk mengoperasionalkan Alutsista di satuan tersebut.

Atase Pertahanan Arab Saudi Temui Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Mabesau, Ada Apa?

Perlu diketahui pula, dalam peresmian markas Satrudal 111 itu, Kasau juga melantik Letkol Lek Eko Patra Teguh W sebagai Komandan Satrudal 111.

Hadir dalam acara peresmian markas Satrudal 111 yang dilakukan sekaligus pelantikan Komandan Satuan Rudal 111 diantaranya, para Asisten Kasau, Pangkohanudnas, Pangkoopsau 1, Pangkosekhanudnas1, Kadiskonau, dan pejabat Kementrian Pertahanan.

militer="" tag="" www.viva.co.id="">militer/militer-indonesia/1326156-tni-al-kedatangan-2-kapal-perang-baru-untuk-perkuat-perairan-indonesia?headline=2">Baca juga: TNI AL Kedatangan 2 Kapal Perang Baru untuk Perkuat Perairan Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya