Hari Istimewa Mayjen TNI Dudung dan Kodam Jaya Segera Tiba

VIVA Militer: Mayjen TNI DA.
Sumber :
  • Kodam Jaya

VIVA – Dalam waktu dekat ini, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan mengalami peristiwa bahagia bersama Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta.

Warga Diminta Lapor jika Temukan Amunisi dari Gudmurah Kodam Jaya, Kadispenad: Jangan Diotak-atik

Ya, tak lama lagi Kodam Jaya akan merayakan ulang tahun yang ke-71. Hari istimewa itu akan jatuh pada tanggal 24 Desember 2020.

Dan, ini merupakan momen pertama Mayjen TNI Dudung merayakan HUT Kodam Jaya sejak dipercaya menjabat Panglima Kodam Jaya yang ke 34.

Panglima TNI Pastikan Tak Akan Relokasi Gudmurah Kodam Jaya yang Meledak

Jenderal TNI kelahiran Bandung, Jawa Barat ini, mulai memegang tongkat komando Panglima Kodam Jaya pada 27 Juli 2020. Dia menggantikan Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono yang naik jabatan menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Dari catatan sejarah yang dihimpun VIVA Militer, Jumat 27 November 2020, Kodam Jaya mulai diaktifkan pada 24 Desember 1949 atau hanya 4 tahun setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Pasca Gudmurah Kodam Jaya Meledak, TNI Akan Periksa Seluruh Gudang Munisi

Saat pertama berdiri, Kodam Jaya masih bernama Komando Militer Kota Besar Djakarta Raya (KMKB-DR), nama itu disandang ketika TNI menerima tanggungjawab keamanan Jakarta dari Angkatan Perang Belanda.

Kemudian pada 24 Oktober 1959, nama KMKB-Djakarta Raya diubah lagi menjadi Komando Daerah Militer V/Jayakarta. Sebenarnya peresmin Kodam Jaya dilakukan pada 18 Januari 1960 di Lapangan Banteng. Namun, meski begitu, hari ulang tahun Kodam Jaya ditetapkan sesuai lahirnya KMKB-DR.

Sejauh ini, sejumlah kegiatan telah digelar Kodam Jaya menyongsong HUT 71. Kegiatan terfokus pada bidang sosial kemasyarakatan, seperti kerja bhakti, penyerahan bantuan sembako dan lain sebagainya.

Baca: Jenderal TNI Pendiri Pasukan Rahasia Kopassus Cetak Sejarah Besar NKRI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya