Komandan Korps Marinir TNI AL Siapkan Pasukan untuk Perang Kota

VIVA Militer: Dankormar Mayjen TNI (Marinir) Suhartono
Sumber :
  • Dispen Kormar

VIVA – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Suhartono berencana akan menggalakkan latihan tempur Korps Marinir TNI AL dengan skenario pertempuran/perang kota di seluruh Indonesia dengan melibatkan satuan tempur pasukan pendaratan Marinir TNI AL.

Seminggu Dilantik,Kolonel Marinir Rana Tancap Gas Gelar Entry Briefing Prajurit Petarung Balasanggha

Hal itu disampaikan oleh Mayjen TNI (Mar) Suhartono ketika membuka acara latihan Perang Kota yang dilakukan oleh Brigade Infanteri (Brigif) 4/BS di Teluk Betung, Bandar Lampung pada hari Minggu, 29 November 2020 kemarin.

"Latihan Pertempuran Kota ini dilakukan dalam rangka untuk menjawab setiap tantangan tugas dan siap setiap saat apabila dibutuhkan," kata Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono dikutip VIVA Militer dari keterangan resmi Dispen Kormar, Senin, 30 November 2020.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Photo :
  • Dispen Kormar

Dankormar menambahkan, latihan Perang Kota ini merupakan salah satu upaya pemeliharaan profesionalisme Prajurit Korps Marinir TNI AL, dalam rangka kesiapsiagaan setiap saat yang dibina oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) dan siap apabila menerima tugas dari Panglima TNI dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

"Prajurit Korps Marinir TNI AL dituntut untuk mampu menghadapi segala medan dan cuaca, baik di muara perairan, rawa-rawa, sungai, gunung-gunung dan lembah, hutan belantara, hutan berpenduduk, serta di perkotaan," ujarnya.

Lebih jauh dia katakan, latihan yang melibatan pasukan pendaratan Marinir TNI AL ini akan dilaksanakan secara bergilir di jajaran Korps Marinir di seluruh wilayah Indonesia. Seperti halnya pada hari Jum'at, 27 November 2020 lalu, prajurit Pasmar 1 Jakarta dan prajurit Pasmar 2 Surabaya juga melaksanakan latihan patroli rawa, sungai dan perairan.

Baca juga: Prajurit Marinir TNI AL Terlibat Baku Tembak di Lampung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya