Jelang Perayaan Bulan Kasih, TNI Gagalkan Pengiriman Ganja di Papua

VIVA Militer: Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413/Bromoro Kostrad TNI AD
Sumber :
  • Pen Yonif MR 413/Bromoro Kostrad

VIVA – Jelang perayaan bulan Desember yang merupakan bulan penuh kasih bagi masyarakat Papua, TNI melakukan penjagaan ketat di sekitar perbatasan RI-PNG.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Satgas Pamtas RI-PNG dari satuan Bataliyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad Pos Skofro Lama pun menggelar sweeping di sekitar perbatasan daerah Kampung Skofro Distrik Arso Timur, Kabupater Keerom.

Pada saat melakukan sweeping guna memastikan keamanan di Papua, Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad telah melihat seseorang yang memiliki gelagat mencurigakan.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Personil TNI penjaga perbatasan RI-PNG itu pun langsung menghentikan laju sepeda motor orang yang mencurigakan tersebut. Ternyata, benar saja, di dalam bagasi motor pria berinisial JJ (40 tahun) itu terdapat dua bungkus paket besar yang belakangan diketahui sebagai narkoba jenis Ganja seberat 1 kilogram.

"Saat ini pelaku dan barang bukti sudah diserahkan kepada pihak yang berwajib yaitu Polsub Sektor Ujungkarang Polsek Arso Timur untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 413 MR/Bremoro Kostrad, Mayor Anggun di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Selasa, 1 Desember 2020.

Transformasi Kualitas Demokrasi di Papua

Photo :
  • Pen Yonif MR 413/Bromoro Kostrad

Lebih jauh Dansatgas menjelaskan, penangkapan pelaku penyelundupan ganja itu berawal dari laporan salah satu anggotanya bernama Serda Farid kepada Komandan Pos Skofro Lama, Serka Adhi Susilo.

Saat itu kegiatan sweeping dimulai pada pukul 13.20 WIT yang terbagi atas dua kelompok, yaitu kelompok pertama yang dipimpin oleh Serka Adhi Susilo yang bertugas memeriksa kendaraan dari arah Kampung Kriku (Indonesia) menuju PNG. Kemudian kelompok kedua yang dipimpin Serda Farid melaksanakan pemeriksaan kendaraan dari arah PNG menuju Kampung Kriku.

Kemudian, sekitar pukul 13.45 WIT, Serda Farid beserta tim berhasil menggagalkan penyelundupan dua paket besar Ganja seberat 1 Kilogram dari JJ yang datang dari arah Papua New Guinea (PNG) dengan motor Supra X dengan Nopol DS 4981 AU masuk ke Papua. Ganja tersebut disembunyikan oleh JJ di bagasi motornya yang berada di bawah jok.

“Dari penangkapan itu kami bawa pelaku beserta barang bukti ke Pos untuk dilakukan pemeriksaan sambil kami melaporkan kepada Pasi Intel Satgas Lettu Inf Mario Bello,” kata Serka Adhi Susilo.

Saat ini pelaku dan barang bukti sudah diserahkan ke aparat kepolisian untuk dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

militer/militer-indonesia/1327477-prajurit-tni-temukan-kristal-seharga-3-m-di-hutan-sawit-dekat-malaysia?headline=1">Baca juga: Prajurit TNI Temukan Kristal Seharga 3 M di Hutan Sawit Dekat Malaysia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya