TNI AL Dirikan Benteng Pertahanan Baru Satlinlamil 3 di Makassar

VIVA Militer: TNI AL resmikan Satlinlamil 3 di Makassar
Sumber :
  • Pen.Kolinlamil TNI AL

VIVA – TNI Angkatan Laut hari ini telah meresmikan markas pertahanan baru yaitu, Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 di Makassar. Satlanlamil 3 itu merupakan satuan lintas laut yang akan memperkuat perairan di wilayah timur Indonesia.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi mewakili mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan, Satlinlamil 3 Makassar merupakan realisasi dari rencana validasi organisasi TNI Angkatan Laut sesuai Perpres Nomor 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI dan Perkasal Nomor 20 tahun 2020 yang mengatur pembentukan Satuan Lintas Laut Militer 3.

"Satuan Komando pelaksana pembinaan Kolinlamil ini merupakan yang ke-3 setelah sebelumnya yang telah ada lebih dulu, Satlinlamil 1 berkedudukan di Jakarta dan Satlinlamil 2 berkedudukan di Kota Surabaya, Jawa Timur," kata Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi ketika memimpin upacara peresmian Markas Satlinlamil 3 di Dermaga Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 2 Desember 2020.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Panglima Kolinlamil menambahkan, Satlinlamil 3 Makassar merupakan satuan komando pelaksana pembinaan yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI jajaran Satlinlamil Makassar, dalam rangka mendukung tugas-tugas Kolinlamil dalam mengemban fungsi strategis. Yaitu sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer dan pembina potensi angkutan laut.

“Satlinlamil 3 Makassar memiliki tugas pokok menyiapkan unsur-unsur KRI dijajarannya dalam rangka mendukung tugas-tugas yang diemban Kolinlamil, khususnya wilayah timur Indonesia,” ujarnya.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Photo :
  • Dispen Kolinlamil

Lebih jauh dia jelaskan, Makassar dipilih menjadi markas Satlinlamil 3 karena Kota Makassar merupakan titik strategis sesuai dengan konsep operasi gabungan yang diperankan Kolinlamil, dengan menggelar 3 Satlinlamil yaitu Jakarta, Surabaya dan Makassar.

“Dipilih Kota Makassar untuk memudahkan dan mempercepat pergerakan satuan-satuan taktis TNI. Inilah wujud konsep pembangunan kekuatan Trimatra terpadu dalam bentuk sinergitas gelar kekuatan dan organisasi TNI,” katanya.

Dengan demikian kehadiran Satlinlamil 3 Makassar diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya pembinaan kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional di wilayah timur Indonesia.

"Karena pembentukan Satlinlamil 3 Makassar merupakan kebutuhan organisasi untuk mendukung angkutan laut militer TNI dalam rangka pergeseran pasukan dan material logistik bagi TNI AD, dalam hal ini Kostrad Divisi 3 Makassar," ucapnya.

Untuk diketahui, dalam upacara peresmian Satlinlamil 3 tersebut, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mempercayakan komando Komandan Satlinlamil 3 Makassar dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Yulis Andreas Lorentinus. Dalam kesempatan itu Kolonel Laut (P) Yulis Andreas juga menandatangani Pakta integritas dan sumpah jabatan di hadapan para perwira tinggi TNI AL yang hadir dalam acara peresmian benteng pertahanan baru TNI AL itu.

Baca juga: Putri Presiden RI Belikan Polisi Militer TNI AD Mobil Pengawal Baru

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya