Aksi Fenomenal TNI Daratkan Hercules di Pulau Kecil dekat Australia

VIVA Militer: Pendaratan pertama Hercules TNI.
Sumber :
  • TNI AU

VIVA – Ada sebuah prestasi membanggakan baru saja diukir para penerbang prajurit militer udara Tentara Nasional Indonesia (TNI). Mau tahu apa prestasinya?

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia, prajurit TNI berhasil mendaratkan pesawat berbadan besar Hercules C-130 di bandar udara yang terletak di pulau kecil depan gerbang Australia.

Berdasarkan informasi resmi TNI Angkatan Udara dilansir VIVA Militer, Kamis 3 Desember 2020, Pesawat Hercules TNI berhasil didaratkan dengan mulus oleh para penerbang dari Skadron Udara 32 yang dipiloti Mayor Penerbang TNI Bandung.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Pesawat Hercules dengan nomor registrasi A-1335, mendarat mulus di landasan pacu Bandar Udara Mathilda Batlayeri, Saumlaki di Kepulauan Tanimbar, Maluku, pada 1 Desember 2020.

Photo :
  • TNI AU
Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Mayor Penerbang TNI Bandung mendaratkan pesawat angkut itu dari Landasan Udara TNI AU Abdulrahman Saleh di Malang, Jawa Timur.

"Pesawat TNI AU jenis C-130 Hercules membuat sejarah baru setelah berhasil melakukan pendaratan pertama di Tanimbar Provinsi Maluku," tulis TNI AU.

Pendaratan ini sangat fenomenal, karena selama ini belum ada satupun pesawat sejenis Hercules yang pernah mendarat di pulau ini. Bandara ini hanya didarati pesawat-pesawat jenis ATR. Sebab bandara ini hanya memiliki ukuran panjang 1.640 meter dan lebar 30 meter saja.

Bandara Mathilda Batlayeri merupakan wilayah paling dekat dengan Australia. Penerbangan dari Kota Darwin,Northern Territory, Australia, hanya membutuhkan waktu selama 45 menit saja.

Baca: Tukang Sapi Ini Ternyata Prajurit Terbaik TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya