KSAL Resmi Angkat Laksma TNI Irvansyah Jadi Panglima Kolinlamil

VIVA Militer: Kasal pimpin upacara Sertijab Panglima Kolinlamil di Mabesal
Sumber :
  • Dispen Kolinlamil

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono hari ini memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) posisi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolimlamil) TNI AL di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Arus Balik Lebaran, Ratusan Pemudik dan Sepeda Motor Tiba di Jakarta Naik Kapal Perang TNI AL

Tongkat komando kepemimpinan Panglima Kolinlamil yang sebelumnya dipegang oleh Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi hari ini secara resmi sudah diserahkan kepada Laksamana Pertama TNI Irvansyah. Sementara Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi dipercaya untuk menduduki jabatan barunya sebagai Asisten Personel (Aspers) Kasal).

"Peralihan jabatan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020," kata Dispen Kolinlamil dalam keterangan resminya kepada VIVA Militer, Kamis, 3 Desember 2020.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Dia menjelaskan, Sertijab Pangkolinlamil ini dilakukan secara bersamaan dengan Komandan Denma Mabesal. Rangkaian Sertijab Pangkolinlamil sebelumnya telah dilaksanakan pembacaan Memorandum Pangkolinlamil di Mako Kolinlamil, Jakarta sebelum upacara serah terima jabatan dilakukan.

Pada waktu yang sama juga dilaksanakan pembacaan memorandum Ketua Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Kolinlamil dari Nia Irwan Achmadi kepada Yuanita Irvansyah.

25 Hari Berlayar, Kapal Rumah Sakit TNI AL Pembawa Bantuan Korban Perang Gaza Akhirnya Tiba di Mesir

Untuk diketahui, Laksamana Pertama TNI Irvansyah merupakan Perwira Tinggi Lulusan Akademi Angkatan Laut angkatan 36 tahun 1990. Karier militernya dimulai sejak dilantik menjadi perwira TNI AL dengan pangkat Letnan Dua. Berbagai penugasan pernah diembannya baik di Kapal Perang maupun sebagai staf.

Penugasan di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) diawali Laksma TNI Irvansyah dengan menduduki jabatan Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Bahari di KRI Abdul Halim Perdanakusuma tahun 1994, selanjutnya berpindah-pindah penempatan di KRI sampai tahun 2010 antara lain sebagai Kadep Ops di KRI Karel Sasuit Tubun 356, Kadep ops di KRI Malahayati 362, hingga dia pernah menjabat sebagai Komandan KRI Teluk Celukan Bawang 532 dan Komandan KRI Oswald Siahaan 354.

Selain itu, Laksma TNI Irvansyah diketahui juga pernah menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sorong. Kemudian, Alumni Sesko di Thailand (setingkat Sesko TNI) tahun 2015 itu juga pernah menjabat Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada I  selama 1 tahun 6 bulan dan atas keberhasilannya TNI AL mempercayakan tanggung jawab kepada Laksma TNI Irvansyah untuk mengemban tugas sebagai Wakil Asisten Operasi Kasal.

Baca juga: Prajurit Gurita Cakti Marinir TNI AL Tembak Mati Perompak di Surabaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya