Video Viral Elvino Nangis Kejer Ogah Turun dari Gendongan Prajurit TNI

VIVA Militer: Pratu Harbi Manulang, anggota Satgas Pamtas Yonif MR 413/Bremoro
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Kisah inspiratif ditorehkan oleh sosok Tamtama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Pratu Harbi Manulang. Anggota Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 413/Bremoro itu mendadak terkenal, setelah menggendong seorang balita bernama Elvino.

Jenderal Maruli Ungkap Isi Pertemuan dengan AHY

Menurut Harbi, momen unik itu terjadi saat ia dan anggota Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Indonesia-Papua Nugini (PNG), berpatroli di wilayah Kampung Pitewi, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, 23 September 2020 lalu.

Saat itu, Elvino bersama sang ibu, Agustine Ndiken, tengah berjalan di dekat anggota Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro. Sontak, Elvino langsung berteriak dan meminta ikut serta bersama rombongan satgas.

Tinggalkan Kostrad, Brigjen Spesialis Operasi TNI Ditarik Jadi Waasop Jenderal Maruli

Harbi sempat menggendong bocah itu. Akan tetapi, pada saat Harbi dan anggota satgas lainnya akan melanjutkan patroli, Elvino menangis histeris tak mau turun dari gendongannya. Meskipun sudah dibujuk oleh sang bunda, Elvino tetap bersikeras ikut bersama Harbi.

Photo :
  • Youtube
Dimutasi Panglima, Mayjen Naudi Pecah Rekor Komandan Dewa Perang TNI Melesat Jadi Pangdam Sriwijaya

Ternyata, bukan tanpa alasan Elvino menangis histeris saat akan ditinggal patroli oleh Harbi. Menurut Harbi, awal perkenalannya dengan bocah itu terjadi saat Elvino sakit sekitar pertengahan Agustus 2020. Elvino dibawa ke Pos Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 413, dan diberi obat.

Setelah meminum obat yang diberikan oleh anggota satgas, Elvino pun berangsur pulih. Setelah sembuh Elvino selalu mendatangi pos satgas untuk bermain bersama para anggota.

Kedekatan Harbi dan para prajurit anggota Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoeo dengan masyarakat memang patut diacungi jempol. Tangis Elvino jadi bukti bahwa para prajurit TNI yang tergabung dalam satgas ini, sangat diterima oleh masyarakat  di Pitewi.

"Sekitar pertengahan bulan Agustus lalu, Elvini ini sakit dan suhunya tinggi. Dibawa oleh mamanya berobat ke pos, kemudian kita kasih obat. Setelah 2-3 hari kemudian Elvino datang lagi ke pos dan kita lihat kondisinya sudah sehat, sudah bermain dengan anggota pos," ujar Harbi dikutip VIVA Militer dari akun resmi Youtube TNI Angkatan Darat. 

Photo :
  • Youtube

"Dari situ, Elvino sering mampir ke pos hanya sekedar bermain dan meminta gula-gula ke anggota pos saat orang tuanya pulang dari kebun," katanya.

Sementara itu, Komandan Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro, Mayor Inf Anggun Wuriyanto, memang menginstruksikan kepada para prajuritnya untuk senantiasa dekat dengan masyarakat. Sebab dalam pandangannya, kedekatan prajurit dengan masyarakat adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan menjalankan tugas.

Selain itu, Anggun juga meminta para prajuritnya untuk menganggap masyarakat di Kampung Pitewi sebagai saudara. Kedekatan dengan masyarakat juga diyakini Anggun bisa mengusir kebosanan dan kejenuhan para prajurit selama melaksanakan tugas.
 
"Kedekatan kita dengan masyarakat akan menentukan keberhasilan tugas pokok kita di sini. Anggap masyarakat itu sebagai saudara, keluarga, bahkan kawan kita sendiri," ucap Anggun. 

"Dengan adanya kedekatan kita dengan masyarakat, maka hal tersebut akan dapat meningkatkan moril dari prajurit sendiri. Mereka akan lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas. Karena, hal tersebut akan dapat mengatasi kejenuhan kita selama di daerah operasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya