Senyum Anak Desa untuk Prajurit TNI Penjaga Perbatasan RI-Malaysia

VIVA Militer: Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Prajurit TNI penjaga perbatasan ternyata tidak selalu identik dengan senjata dan perang. Seperti halnya Satuan Tugas Pengamana Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri 642/Kapuas Pos Balaikarangan yang bertugas di perbatasan RI-Malaysia, Desa Sotok, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Prajurit Satgas Pamtas itu ternyata selain bertugas menjaga kedaulatan NKRI dari upaya tindak pelanggaran perbatasan negara, juga telah berhasil membuat anak-anak perbatasan tersenyum lebar.

Bagaimana tidak, di sela tugasnya menjaga perbatasan, prajurit Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas itu menyempatkan diri untuk melakukan aksi sosial dengan melakukan khitanan gratis dengan cara door to door keliling ke rumah-rumah warga di Dusun Kaladang 2, Desa Sotok, Kabupaten Sanggau wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas Letkol Inf Alim Mustofa menyatakan, kegiatan sunatan massal itu dilakukan dalam rangka pembinaan teritorial terhadap masyarakat yang ada di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Dia menambahkan, khitanan gratis dengan pola mendatangi secara langsung rumah-rumah warga di daerah perbatasan itu dilakukan karena situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh wilayah Indonesia.

Sosok Dewi Puspitorini, Jenderal Bintang 1 Jabat Dokter Ahli CVC di RSPAD

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat, terutama di bidang kesehatan untuk masyarakat yang ada di perbatasan," kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Letkol Inf. Alim Mustofa dalam keterangan resminya, Rabu, 6 Januari 2021.

Sementara itu, salah satu orang tua dari anak yang dikhitan secara gratis mengungkapkan sangat senang dengan bantuan yang diberikan oleh Satgas Yonif 642/Kapuas. Menurutnya, masyarakat di Desa Sotok sangat mengucapkan terimakasih kepada personel Satgas Pos Balaikarangan yang telah peduli dan banyak membantu warga.

Baca juga: Pangdam Cenderawasih yang Baru Disambut Lagu Selamat Datang Panglima

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya