Awak KRI OWA 354 Gelar Latihan Tempur Bersama Pasukan Katak TNI AL

VIVA Militer: Awak Kapal perang KRI OWA-354 latihan tempur VBSS bersama Kopaska
Sumber :
  • Pen Koarmada II

VIVA – Sebagai prajurit TNI yang mengawaki kapal perang TNI AL sudah barang tentu harus memiliki kemampuan guna menghadapi berbagai ancaman yang mungkin terjadi di atas perairan Indonesia.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Seperti halnya yang dilakukan oleh awak kapal perang KRI Aswald Siahaan (OWA-354) ini. Mereka dengan sigap melakukan latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS) untuk meningkatkan kemampuan mereka selama bertugas di atas kapal perang yang menjaga teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Komandan KRI OWA-354 Letkol Laut (P) Nurul Muchlis menyatakan, latihan yang digelar oleh delapan personil TNI AL yang merupakan awak Kapal KRI OWA-354 itu diawasi secara langsung oleh instruktur dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur.

Laksma TNI Avianto Resmi Pegang Tongkat Komando Lantamal XII Pontianak

"Latihan VBSS ini bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan tim VBSS Prajurit KRI Oswald Siahaan 354 unsur Satkor Koarmada II, untuk mendukung kesiapan operasional kapal dalam menghadapi berbagai tindak kejahatan dan aksi terorisme di laut dan segala kemungkinan kontijensi yang terjadi,“ kata Komandan KRI OWA-354 Letkol Laut (P) Nurul Muchlis dalam keterangan resmi Koarmada II, Kamis, 7 Januari 2021.

Dia menambahkan, sumber daya yang ada harus dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga kesiapan latihan yang meliputi penguasaan prajurit dalam bidang pemeriksaan, penanganan musuh yang akan dihadapi waktu pemeriksaan kapal, sekaligus meningkatkan profesionalisme, maka latihan-latihan pun dilakukan lebih mendekati kepada realita.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Sementara itu, Pangkoarmada II, Laksda I.N.G. Sudihartawan menyatakan, latihan yang diselenggarakan itu dalam rangka melaksanakan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan TNI Angkatan Laut yang Unggul.

Sehingga, Pangkoarmada II berharap dengan latihan teratur dan terukur itu kemampuan prajurit akan semakin meningkat guna kesiapan operasi di lapangan.

VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Tentara Amerika Serikat yang meninggal dunia adalah Mayor WW

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024