Ternyata TNI Siapkan Pasukan Setan 315 Masuk ke Sarang OPM Papua

VIVA Militer: Pasukan Setan Yonif 315/Garuda.
Sumber :
  • Yonif 315/Garuda

VIVA – Tenyata Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali mengerahkan pasukan elite tempur Batalyon Infanteri Raider 315/Garuda untuk mengamankan wilayah Papua.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Pasukan elite tempur TNI AD yang berada di bawah Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi itu direncanakan akan ditugaskan untuk masuk ke wilayah paling berbahaya dan rawan gangguan di Papua. Sebab merupakan wilayah yang selama ini menjadi sarang kelompok separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA Militer, batalyon yang bermarkas di Gunung Batu, Bogor, Jawa Barat itu, akan ditugaskan melaksanakan Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) di sektor Timika, Papua.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Sejauh ini dalam siaran resminya, Yonif 315/Garuda sedang mempersiapkan pasukan. Latihan tempur terus digencarkan dan yang terbaru dilangsungkan latihan tembak reaksi, tembak tempur reaksi dan lorong hantu.

"Latihan ini tetap harus memperhatikan dan mempedomani faktor keamanan prajurit dan masyarakat di sekitar daerah latihan sebab sebaik apapun hasil latihan yg diperoleh namun dilaksanakan dengan tidak aman (ada korban) maka latihan itu tetaplah sia-sia," kata Komandan Yonif 315/Garuda, Mayor Infanteri Aryo Priyoutomo.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Perlu diketahui, Yonif 315/Garuda terakhir kali ditugaskan dalam operasi di Papua pada November 2017, untuk tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini, ketika itu mereka menggantikan Yonif Para Raider 503/MK Kostrad.

Yonif 315/Garuda merupakan batalyon yang memiliki rekam jejak luar biasa. Batalyon ini merupakan pasukan penumpas RMS, DI/TII, PKI, GPK Timur-timur, operasi keamanan di Aceh.

Dahulunya Yonif 315/Garuda sangat terkenal, yaitu ketika masih bernama Pasukan Setan. Pasukan Setan TNI merupakan nama dari satu kompi prajurit bersenjata yang muncul di wilayah Cirebon, Jawa Barat, dua tahun setelah kemerdekaan RI, tepatnya 20 Agustus 1947.

Seiring berjalan waktu, jumlah personel Pasukan Setan terus bertambah, yang terbanyak datang dari satu kompi pasukan yang berasal dari Banten. Sejak saat itulah Pasukan Setan berganti nama kesatuan menjadi Yon atau disingkat Y Brigade IV Divisi VI/Siliwangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya