Pasukan Yonif 742 Datangi Wilayah Medan Operasi Perbatasan

VIVA Militer: Satuan Yonif 744/Satya Wira Yudha di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL
Sumber :
  • kodam-udayana.mil.id

VIVA – Satuan Batalyon Infanteri 742/Satya Wira Yudha (SWY) mendatangi Markas Komando (Mako) Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Sektor Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 6 Januari 2020. Pasukan Yonif 742/SWY meninjau medan operasi yang akan dihadapi di wilayah tersebut.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana, satuan Yonif 742/SWY akan menggantikan satuan elite Yonif Raider Khusus 744/Satya Yudha Bhakti (SYB).

Komandan Satgas Pamtas Yonif 744/SYB, Letkol Inf Alfat Denny Andrian, menyatakan bahwa kedatangan satuan Yonif 742/SWY adalah untuk melaksanakan tinjau medan operasi (Jaumed). Dalam kesempatan itu, Kepala Staf Komando Resor Militer 162/Wira Bhakti (WB), Kolonel Arm I Made Kariawan turun langsung sebagai Ketua Tim Jaumed.

Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

"Dalam kunjungan ini, Kasrem 162/WB  Kolonel Arm I Made Kariawan turut hadir bertindak sebagai Ketua Tim Jaumed (Tinjau Medan) bagi Yonif 742/SWY," ujar Anis dalam rilis tertulis di Kabupaten Belu, NTT.

Penijauan medan yang dilakukan oleh Kasrem 162/WB dan satuan Yonif 742/SWY rencananya akan dilakukan selama tiga hari. Kasrem dan Satuan Yonif 742/SWY nantinya akan memantau langsung seluruh pos di jajaran Kompi Tempur (Kipur) 1, Kipur 2 dan Kipur 3.

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran situasi di wilayah perbatasan Sektor Timur Republik Indonesia (RI)-Republik Demokrasi Timor-Leste (RDTL).

Komandan Yonif (Danyonif) 742/SWY, Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, menegaskan pasukannya sudah  mempersiapkan diri melaksanakan penugasan di wilayah perbatasan RI-RDTL Sektor Timur.

"Untuk mempersiapkan satuan kami dalam penugasan perbatasan RI-RDTL Tahun 2021 baik personel, materiil dan materi-materi lainnya selain materi tempur juga termasuk materi teritorial. Adapun setelah kami mempelajari situasi di wilayah Kabupaten Belu ini, kami akan lebih prioritas kepada meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program kami nanti," kata Bayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya