Terkuak Fakta di Balik Keaslian Foto Letjen Prabowo Terbang di Langit

VIVA Militer: Letjen TNI (purnawirawan) PS.
Sumber :
  • Prabowo Subianto

VIVA – Untuk kesekian kalinya tokoh militer Indonesia, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Prabowo Subianto menyiarkan foto ketika dirinya dan empat orang tak dikenal terbang bebas di langit.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Yang terbaru foto disiarkan Letjen TNI Prabowo melalui Instagram pribadinya. Dari amatan tak sedikit pengikut jenderal TNI AD penyandang tiga bintang itu yang ingin tahu tentang seluk beluk alias fakta dari peristiwa yang terabadikan dalam foto tersebut.

Ada pula yang heran dengan foto itu, sebab di zaman itu bukan perkara mudah untuk memotret dari atas langit.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Nah kali ini VIVA Militer, Rabu 14 Januari 2021 akan menguak fakta-fakta dan tentunya keaslian di balik foto menakjubkan itu.

Perlu diketahui ya pembaca setia, bahwa foto itu benar-benar asli dan tanpa rekayasa studio atau juga rekayasa teknik editing.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Oke baiklah, kita mulai menguak satu persatu fakta dari foto ini.

Di unggahan terbaru foto ini di IG, Letjen TNI Prabowo menuliskan keterangan dengan menyebut dua nama yang ikut serta dengannya terjun bebas dari di langit.

"Saya (di tengah) bersama almarhum dr. Boyke Setiawan (kiri) dan Edi Sutardi (kanan)," tulis Prabowo.

Dari penelusuran Kami, apa yang ditulis Letjen TNI Prabowo itu benar adanya. Kebenaran ini diketahui dari keterangan yang disampaikan almarhum dr Boyke semasa hidupnya.

Menurut catatan almarhum dr Boyke, foto dan peristiwa terjun bebas itu terjadi pada tahun 1981. Kalau dihitung mundur dari tahun 2021 itu ya genap sudah 40 tahun.

Saat itu dituliskan almarhum dr Boyke, ketika itu Prabowo belum menjabat Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan belum jadi jenderal. Prabowo dikatakan masih prajurit TNI AD dengan pangkat Kapten Infanteri.

Tak main-main, foto itu diabadikan di ketinggian 13.000 feet atau sekitar 4,3 kilometer dari permukaan laut (mdpl). Saat itu Prabowo didampingi 4 orang salahsatunya adalah dr Boyke sendiri. Semuanya pasukan Kopassus.

Dr Boyke menuliskan, bahwa penerjun di sebelah kanan Letjen TNI Prabowo adalah Edi Sutardi. Di kanan belakang Kusnadi Sukarya. Sedangkan di kiri dr Boyke dan kiri belakang ialah Almarhum Imam Rusmono.

Ini fakta yang paling penting dari foto itu. Foto ini tidak diambil dengan alat bantu seperti drone, tapi langsung dipotret secara manual dengan kamera jadul. Dan juru kamera alias orang yang memotret adalah Nandang Hermansyah.

Tidak disebutkan di langit daerah mana mereka terjun bebas, hanya dipastikan mereka terjun dari Pesawat Hercules C-130 milik TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya