Kejiwaan Diperiksa, Pasukan Setan TNI Siap Tembus Sarang OPM Papua

VIVA Militer: Pasukan Setan Yonif 315/Garuda.
Sumber :
  • Yonif 315/Garuda

VIVA – Proses pengerahan pasukan tempur Tentara Nasional Indonesia (TNI) Batalyon Infanteri 315/Garuda dari Komando Daerah Militer III/Siliwangi ternyata sudah semakin mendekati kenyataan.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Sebab, kabar terbaru yang didapatkan VIVA Militer, Kamis 14 Januari 2021, prajurit TNI AD yang bermarkas di Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat tersebut, sudah memasuki tahap pemeriksaan kesehatan jiwa.

Dalam siaran resmi Yonif 315/Garuda disebutkan pemeriksaan kesehatan jiwa sudah tuntas dilaksanakan. Ada sebanyak 450 prajurit TNI yang mengikuti proses pemeriksaan jiwa tersebut.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Menurut Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Jiwa dari Kesdam III/Siliwangi, Mayor Ckm Dana, pemeriksaan jiwa ini sangat penting karena merupakan rangkaian program komando atas yang diterapkan kepada prajurit TNI yang akan terlibat dalam Operasi Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan).

Sementara itu menurut Komandan Yonif 315/Garuda, Mayor Infanteri Aryo Priyoutomo, dengan pemeriksaan kejiwaaan dapat dilihat kesiapsiagaan prajurit dalam melaksanakan tugas.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

"Pemeriksaan Kesehatan Jiwa ini dapat terlihat mental dan jiwa prajurit yang berani pantang menyerah dalam situasi dan kondisi apapun," kata Mayor Aryo.

Photo :
  • Yonif 315/Garuda

Perlu diketahui, dalam penugasan kali ini, TNI akan berencana mengerahkan batalyon berjuluk Pasukan Setan ini untuk masuk ke salah satu wilayah paling rawan di Papua. Prajurit Yonif 315/Garuda akan dikirim untuk menjaga keamanan di Timika, daerah yang dikenal sebagai sarang kelompok separatis bersenjata OPM Papua.

Yonif 315/Garuda merupakan batalyon yang memiliki rekam jejak luar biasa. Batalyon ini merupakan pasukan penumpas RMS, DI/TII, PKI, GPK Timur-timur, dan GAM Aceh.

Dahulunya Yonif 315/Garuda sangat terkenal di tanah air, yaitu ketika masih bernama Pasukan Setan. Pasukan Setan TNI merupakan nama dari satu kompi prajurit bersenjata yang muncul di wilayah Cirebon, Jawa Barat, dua tahun setelah kemerdekaan RI, tepatnya 20 Agustus 1947.

Seiring berjalan waktu, jumlah personel Pasukan Setan terus bertambah, yang terbanyak datang dari satu kompi pasukan yang berasal dari Banten. Sejak saat itulah Pasukan Setan berganti nama kesatuan menjadi Yon atau disingkat Y Brigade IV Divisi VI/Siliwangi. Dan terbaru berganti nama menjadi Yonif 315/Garuda.

Baca: Jokowi Cuma Pegal, Jenderal-jenderal TNI Mendadak Siap Divaksin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya