TNI AU Terbangkan Alutsista untuk Bantu Korban Gempa Majene

VIVA Militer: TNI AU terbangkan alutsista untuk membantu korban gempa Majene
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Indonesia kembali dilanda duka. Gempa bumi berkekuatan 6.2 magnitudo telah melanda Majene, Sulawesi Barat pada hari Jum'at, 15 Januari 2021, pukul 01.28 dini hari tadi.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Gempa yang berpusat 6 Kilometer Timur Laut Majene itu telah menyebabkan kerusakan cukup parah. Menyikapi kejadian tersebut, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pagi ini langsung mengerahkan alutsista TNI AU untuk membantu para korban gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat.

"TNI AU sesuai dengan sesuai instruksi Panglima TNI, Kasau memerintahkan untuk memberangkatkan pesawat Boeing 737 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin untuk memastikan situasi dan kondisi daerah yang terdampak bencana alam dan mengalami kerusakan dari udara," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang B dalam keterangan resminya, Jum'at, 15 Januari 2021.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Marsma TNI Gilang menambahkan, TNI AU juga telah menyiagakan sejumlah pesawat yang siap diterjunkan diantaranya, pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 33 Lanud Hasanuddin Makasar dan Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, pesawat CN 295 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, serta satu pesawat Helikopter Super Puma NAS-332 dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja standby SAR Lanud Sultan Hasanuddin, untuk dukungan Search dan Rescue (SAR), evakuasi, dan bantuan logistik kepada warga masyarakat yang terdampak bencana.

"Hal ini merupakan wujud dari kehadiran Negara melalui TNI AU pada masyarakat yang tertimpa musibah bencana sekaligus merupakan pelaksanaan tugas TNI di Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya penanggulangan bencana alam," ujarnya.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati
Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024