Foto Penuh Makna Letjen TNI Prabowo dengan Mendiang Jenderal Sayidiman

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) Johannes Suryo Prabowo
Sumber :
  • Twitter/@marierteman

VIVA – Berpulangnya Letjen TNI (Purn.) Sayidiman Suryohadiprojo meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga dan seluruh anggota TNI Angkatan Darat. Tak terkecuali, bagi Letjen TNI (Purn.) Johannes Suryo Prabowo yang notabene adalah junior Sayidiman.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Sayidiman menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, 16 Januari 2021, pada usia 93 tahun. 

Semasa masih aktif berdinas bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), pria kelahiran Bojonegoro, Jawa Timur, pernah menduduki posisi sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hassanudin, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad).

Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

Kepergian Sayidiman menyisakan kenangan manis bagi Suryo Prabowo. Lewat akun Instagram pribadinya, Suryo Prabowo mengunggah sebuah foto kenangan bersama sang senior.

"Letjen TNI Pur Sayidiman Soerjodiprodjo lulusan terbaik Akmil Yogya tahun 1948 telah meninggalkan kita diusianya yang ke 93 tahun. Semoga Almarhum diampuni dosanya dan mendapat tempat terbaik di Sisi Nya dan keluarga yg ditinggal kan diberi ketabahan dan kekuatan," tulis Suryo.

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Sepanjang 37 kariernya di TNI Angkatan Darat, Wakasad adalah posisi tertinggi yang pernah dicapai Sayidiman sebelum akhirnya menduduki posisi Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). 

Ya, ternyata ada sedikit kesamaan dalam hal karier militer antara Suryo Prabowo dengan Sayidiman. Jika Sayidiman ikut serta dalam Perang Revolusi Nasional Indonesia semasa mudanya, Suryo Prabowo pernah terjun dalam sejumlah operasi militer.

Sayidiman dikenal sebagai salah satu tokoh yang menumpas gerakan separatis Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) dan Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta). Sementara, Suryo Prabowo juga ikut terjun menghabisi pasukan pemberontak Falintil, sayap militer orgabisasi separatis Fretilin di Timor-Timor.

Selain itu, Sayidiman pernah menjabat sebagai Wakasad periode 1973 hingga 1994. Sementara itu, Suryo Prabowo juga pernah menjadi orang nomor dua di TNI Angkatan Darat. Pria yang juga pernah menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI ini, menjabat posisi sebagai Wakasad periode 2008 hingga 2011.

Kesamaan yang terakhir tentunya adalah kepangkatannya saat purna tugas. Sayidiman mengakhiri masa dinas pada 1982, dengan pangkat bintang tiga alias Letnan Jenderal TNI. Pun dengan Suryo Prabowo, yang juga pensiun dengan titel yang sama dengan Sayidiman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya