Prajurit Marinir TNI AL Sisir Bukit Antar Bantuan Korban Gempa Mamuju

VIVA Militer: Marinir TNI AL distribusi logistik untuk korban gempa bumi Mamuju
Sumber :
  • Instagram @tni_angkatan_laut

VIVA – Gempa bumi berkuatan Magnitudo 6.2 yang melanda Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat beberapa hari lalu telah menyebabkan para korban meninggalkan rumah-rumah mereka. Tidak sedikit dari warga yang saat ini lebih memilih untuk tinggal sementara di dataran tinggi atau di wilayah perbukitan menggunakan tenda-tenda darurat karena khawatir gempa susulan akan terjadi menimpa mereka.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Situasi itu tidak menyurutkan prajurit Marinir TNI Angkatan Laut untuk melakukan pendataan serta mendistribusikan bantuan logistik untuk para korban gempa bumi yang meluluhlantahkan ribuan bangunan di Sulawesi Barat tersebut.

Prajurit Marinir TNI AL Lantamal V yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Alam Sulawesi Barat itu menyisir sejumlah lokasi pengungsian yang tersebar di puluhan desa terdampak gempa bumi berkuatan 6.2 magnitudo itu.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Tidak pernah kenal kata menyerah bagi prajurit tempur TNI AL itu dalam membantu korban gempa bumi di Sulawesi Barat tersebut. Mereka bergerak secara manual, menelusuri wilayah perkebunan hingga ke wilayah perbukitan yang menjadi pilihan warga untuk mendirikan tenda-tenda pengungsian.

Photo :
  • Instagram @tni_angkatan_laut
Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Dansatgas Bencana Alam TNI AL Sulbar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto menyatakan, sampai di hari ke-4 pasca bencana alam gempa di Sulbar, Tim Satgas Penanggulangan Bencana Alam TNI AL telah mendistribusikan bahan bantuan logistik ke 35 desa yang terkena dampak bencana alam gempa di Sulawesi Barat.

“Bahan bantuan logistik berupa sembako, makanan, minuman serta obat-obatan ini adalah bantuan logistik yang datang dari Makassar dan Surabaya, yang merupakan sumbangsih dari pihak Lantamal VI Makasar serta Koarmada II Surabaya, pemerintah daerah dan masyarakat umum,” kata Kolonel (Mar) Y. Rudy Sulistyanto dalam keterangan resminya, Rabu, 20 Januari 2021.

Hari ini, lanjut Dansatgas, pihaknya akan memberikan bantuan kepada masyarakat binaan TNI AL yang berada di Posko pengungsian Kelurahan Simboro Kecamatan Simboro dan Kelurahan Kalukku Kecamatan Mamuju

“Bahan bantuan logistik ini sekarang akan kami serahkan secara simbolis ke dua warga yang merupakan perwakilan dari posko-posko pengungsian yang juga merupakan desa binaan TNI AL yang terkena dampak bencana alam gempa di Kabupaten Mamuju Sulbar,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, bahan bantuan logistik tersebut langsung dibawa ke masing-masing posko yaitu Posko Korongana di Kelurahan Simboro Kecamatan Simboro dan Posko Banana Pantai Kelurahan Kalukku Kecamatan Mamuju Kabupaten Sulbar dengan menggunakan sarana Truk TNI AL dengan pengawalan beberapa prajurit Marinir TNI AL untuk segera didistribusikan.

Baca juga: Instruksi Brigjen TNI Achmad Fauzi Tangani Korban Banjir Bandang Bogor

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya