TNI AD Kirim Bantuan Super Besar Buat Korban Gempa dan Banjir

VIVA Militer: Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa, meninjau pengiriman bantuan
Sumber :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

VIVA – Sebagai salah satu komponen yang berada di garda terdepan dalam penanganan bencana alam, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) memberikan bantuan dalam jumlah besar. Tak hanya bahan makanan, TNI Angkatan Darat juga mengirim perlengkapan untuk membangun rumah sakit lapangan.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

Dalam rilis yang diterima VIVA Militer dari Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, seluruh bantuan mulai dari beras, mie instan hingga rumah sakit lapangan, dibawa oleh tiga unit kapal angkut milik TNI Angkatan Darat. Ketiga kapal tersebut yakni ADRI 50, ADRI 51 dan ADRI 52. Ketiga kapal angkut ini akan bergerak menuju wilayah bencana di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

Data TNI Angkatan Darat menjelaskan, bantuan logistik khusus untuk beras mencapai 74.654 kilogram, atau setara dengan 74,7 ton. Selain itu, terdapat juga 14.109 dus mie instan hingga empat buah toren air raksasa dengan kapasitas 1.005 liter.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Ketiga kapal angkut TNI Angkatan Darat jugamengangkut sejumlah alat kesehatan. Beberapa diantaranya adalah truk satu unit Fuso 5 ton, tiga unit truk NPS 2,5 Ton, dua unit dump truk (berisi jembatan bailey), hingga crane cargo 2 unit  

VIVA Militer: Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa, meninjau pengiriman bantuan

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat
TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Khusus untuk Kapal ADRI 52 sudah diberangkatkan pada hari Selasa, 19 Januari 2021. Ada 194 personel termasuk 38 ABK Kapal yang ikut dalam rombongan tersebut. 

Kemudian, ada 142 personel dari Batalyon Kesehatan 2 Kostrad, personel Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat (Puskesad), personel Perhubungan, personel Pembekalan dan Angkutan (Bekang), personel Dispenad serta juga membawa bantuan logistik yang dibutuhkan para korban terdampak bencana. 

Rumah Sakit Lapangan yang diangkut Kapal ADRI 52 berkapasitas perawatan 100 tempat tidur. Bantuan ini selain dari pengadaan TNI Angkatan Darat, juga didapatkan dari sumbangan beberapa program filantropis dari sejumlah bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bank swasta, perusahaan swasta, hingga organisasi keagamaan. 

Kapal ADRI 51 dikabarkan telah tiba di Pelabuhan Fery Simboro, Mamuju, Kamis 21 Januari 2021, pukul 15.30 WITA. Setelah itu,  Kapal ADRI 50 juga telah tiba di pelabuhan Trisakti, Banjarmasindi waktu yang sama pada pukul 17.25 WITA. Sementara itu Kapal ADRI 52 direncanakan akan tiba di Pelabuhan Fery Simboro, Mamuju, sore ini pukul 16.00 WITA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya